Mendongeng Sebelum Tidur Sebagai Upaya Meningkatkan Kelekatan Orang Tua Dengan Anak Usia Dini
Main Article Content
Abstract
Komunikasi antara orang tua dan anak memiliki peran yang sangat penting dalam pertumbuhan dan perkembangan seorang anak. Komunikasi yang baik dan terjadi dua arah dapat dilaksanakan salah satunya dengan mendongeng sebelum tidur. Tujuan dari kegiatan PKM saat ini adalah untuk memberikan informasi berupa pengetahuan tentang manfaat dari mendongeng sebelum tidur untuk kelekatan orang tua dengan anak usia dini. Partisipan dalam PKM ini adalah orang tua yang mempunyai anak usia dini sebanyak 60 orang. PKM dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap analisis. Hasil yang didapatkan setelah kegiatan PKM selesai adalah mayoritas orang tua mengalami t peningkatan pengetahuan tentang mendongeng dan terjadi peningkatan kelekatan orang tua dan anak usia dini. Mendongeng sebelum tidur terbukti efektif untuk meningkatkan kelekatan antara orang tua dengan anak sehingga terjalin komunikasi efektif antara orang tua dengan anak.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Eliasa, E. I. (2011). Pentingnya kelekatan orang tua dalam internal working model untuk pembentukan karakter anak. Developmental Psychology, 33(5), 806–821.
Firdaus, M., Bastian, A., Rizky, R., & Telaumbanua, Y. (2023). Dongeng Sebelum Tidur Menjadi Konon di Era Gawai? (Eksistensi Dongeng Sebagai Pendidikan Pada Anak Usia Dini). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 13274–13281. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.8496
Hidayati, N. (2013). Dongeng Sebelum Tidur (Bedtime Stories) Sebagai Sarana Pebembentukan Karakter Anak. Prosiding Seminar Nasional Parenting 2013, 142–149.
Indriani, W., & Susilo, H. (2021). Efektivitas Dongeng Untuk Menanamkan Moral Pada Anak Usia Dini Di Rumah. J+Plus Unesa, 10(1), 329–337.
Kemala, S., Erhamwilda, & Mulyani, D. (2022). Hubungan Kegiatan Bercerita sebelum Tidur dengan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 4-5 Tahun di Mekar Rahayu, RW 02. Bandung Conference Series: Early Childhood Teacher Education, 2(2), 101–109. https://doi.org/10.29313/bcsecte.v2i2.4085
Lestari, P. W. (2021). Metode Dongeng Sebagai Media Pembentuk Karakter Pada Anak Usia Dini.
Nuarca, I. K. (2017). Dongeng Sebelum Tidur.
Parinduri, S. A., & Fadilah, R. (2023). Analisis Pola Asuh Ayah Tunggal terhadap Kelekatan Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 887–894. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.4040
Puspita, H. (2019). Kelekatan Anak dengan Pengasuh Tempat Penitipan Anak. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 6(1), 49. https://doi.org/10.21107/jpgpaud.v6i1.5374
Rochmawati, N. I. (2019). Dongeng Sebelum Tidur Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak 4-5 Tahun. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 1(2), 54. https://doi.org/10.35473/ijec.v1i2.357
Sari, S. L., Devianti, R., & SAFITRI, N. (2018). Kelekatan Orangtua untuk Pembentukan untuk Pembentukan Karakter Anak. Educational Guidance and Counseling Development Journal, 1(1), 16. https://doi.org/10.24014/egcdj.v1i1.4947
Sari, Y. R., & Novitasari, K. (2023). Pengaruh Kegiatan Cerita Sebelum Tidur Terhadap Kemampuan Literasi Pada Anak Usia 3-5 Tahun. Jurnal Golden Age, 07(02), 428–433.
Sufiati, V., & Paramita, M. V. A. (2021). Bagaimana Literasi Dini dengan Cerita Sebelum Tidur? Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 10. https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.32837
Yuniartini, Widastra, & Utami. (2016). Pengaruh Terapi Bercerita Terhadap Kualitas Tidur Anak Usia Dini Pra Sekolah Yang Menjalani Hospitalisasi Di Ruangan Perawatan Anak RSUP Sanglah Denpasar. Pratam, 1(4), 1–6.