Revitalisasi Pengalaman Belajar Melalui Pengoptimalan Fasilitas Belajar Mengajar di TK Bina Anaprasa 006 Cempaka II

Main Article Content

Hijriah Hijriah
Hesti Rosita Dwi Putri
Fachreza Akbar
Andi Sahputra Depari
Raftonado Situmorang
Inez Pebriani
Shabian Atha Setiawan
Putri Fatimatuzzahroh
Tri Sulistyawati
Aan Nurul Hasanah
Mahesa Graha Wisesha Cakra Buana
Farrel Ghan
Muhammad As’ad
Dhima Surya Putri

Abstract

TK Bina Anaprasa 006 Cempaka II di Karang Joang, Balikpapan adalah salah satu sekolah dengan fasilitas belajar mengajar yang kurang memadai. Kegiatan ini bertujuan untuk membenahi fasilitas sekolah agar dapat mewadahi aktivitas pembelajaran yang aman, ramah dan nyaman untuk meningkatkan mutu pendidikan. Berdasarkan hasil survey diperoleh tiga permasalahan yang ada di TK tersebut yaitu dari segi aspek prasarana belajar, seperti kondisi atap sekolah sudah banyak yang bocor, akses penyeberangan jalan yang kurang aman saat murid menuju sekolah, papan informasi yang berfungsi sebagai tanda pengenal TK sudah rusak sehingga kurang bisa terbaca dan tidak adanya fasilitas berupa tempat sampah sehingga menyebabkan kurangnya tingkat kebersihan pada sekolah. Aspek kedua adalah dari segi sarana belajar yang masih kurang, seperti tidak adanya fasilitas membaca. Aspek ketiga adalah dari segi tenaga pengajar yang jumlahnya masih sangat kurang sehingga proses belajar mengajar menjadi kurang optimal. Dalam kegiatan pengabdian ini dilakukan renovasi fasilitas sekolah seperti atap, papan nama sekolah, pembuatan jembatan kecil sebagai akses penyeberangan, pembuatan pojok baca, dan membantu guru dengan menjadi sukarelawan pendidik. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pengadaan fasilitas sekolah dapat meningkatkan layanan pendidikan dan dapat menciptakan suasana yang nyaman bagi kegiatan belajar mengajar siswa sehingga mereka bisa mendapatkan pendidikan bermutu dan berkualitas yang baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Abd Rahman BP; Sabhayati Asri Munandar; Andi Fitriani; Yuyun Karlina; Yumriani. (2022). 7757-24249-1-PB. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Anggela, R., Rina, R., Rosanti, R., & Eviliyanto, E. (2020). Sosialisasi Daur Ulang Sampah sebagai Upaya Peningkatan Kesadaran Lingkungan pada Masyarakat Bantaran Sungai Kapuas. Gervasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 4(2), 228-238.

Anggraeni, Z., Natasya, Z. F., Asisah, W., & Ahyar, A. (2022). Kondisi Sarana dan Prasarana di Taman Kanak-Kanak Yayasan RA Melati Medan. Jurnal Edukasi Nonformal, 3(2), 428-437.

Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1).

Bararah, I. (2020). Pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 10(2), 351-370.

Br Nasution, A. K., Hakim, N., & Ayunita, S. (2023). Kurangnya Fasilitas Sekolah Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Siswa TK Aulia. Jurnal Sentra Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 18–25. https://doi.org/10.51544/sentra.v2i1.3577

Fatmawati, N., Mappincara, A., & Habibah, S. (2019). Pemanfaatan Dan Pemeliharaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v3i2.9799

Handayani, S. (2017). Optimalisasi Peran Bimbingan Konseling Di Sekolah. DIDAKTIKA: Jurnal Pemikiran Pendidikan, 19(2), 33-49.

Hidayah, D. F. N., Risdayatie, D., Febrianti, F. A., & Titalia, Y. S. (2023). Pengempelementasian Sarana Prasarana di Sekolah sebagai Penunjang Keefektifan dalam Pembelajaran bagi Dunia Pendidikan Modern. Jurnal Edukasi Nonformal, 2(2), 792-811.

Mirnawati, L. B. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Kreativitas Mahasiswa Semester I PGSD UM Surabaya pada Mata Kuliah Pengantar Manajemen Pendidikan. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 6(1), 84–97. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i1.598

Pasande, P., & Tari, E. (2021). Daur Ulang Sampah di Desa Paisbuloli Sulawesi Tenggara. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1).

Patti, R. R., Dacholfany, M. I., & Andayani, S. (2023). Pengaruh Kinerja Guru Dan Fasilitas Pembelajaran Terhadap Pembelajaran Efektif Di Sman 1 Seputih Agung Lampung. POACE: Jurnal Program Studi Adminitrasi Pendidikan, 3(1), 70–79. https://doi.org/10.24127/poace.v3i1.3393

Rahayu, A. D., & Haq, M. S. (2021). Sarana dan prasarana dalam mendukung pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(1), 186-199.

Rismayani, R., Lestari, E. A., & Tarigan, N. N. U. B. (2021). Problematika sarana dan prasarana pendidikan. Al-Ulum: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 136-149.

Sopian, A. (2019). Manajemen sarana dan Prasarana. Raudhah proud to be professionals: jurnal tarbiyah islamiyah, 4(2), 43-54.

Yuni Saputri, R., & Dwi Oktaria, S. (2023). Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Membangun Sekolah yang Efektif di Sekolah Dasar. 16(2). https://doi.org/10.33369/pgsd