Pelaksanaan Program Pengabdian di Baru Ilir Tentang UMKM, Imunisasi Polio, Edukasi Pendidikan dan Toga
Main Article Content
Abstract
Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam memecahkan masalah yang ada di wilayah baru ilir. Terlaksananya program kerja mahasiswa dalam menjalankan program KKN ini menjadi indikator penting bagi keberhasilan program KKN secara keseluruhan. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman secara langsung mahasiswa dengan lingkungan sekitar di Baru Ilir, dengan fokus pada perencanaan, implementasi kegiatan, serta evaluasi pelaksanaan menjadi pembasahan. Metodologi yang diajukan ini melibatkan lima tahapan utama: perencanaan, implementasi kegiatan, pengumpulan data melalui kuesioner, observasi, dan dokumentasi, analisis data menggunakan skala Likert, serta evaluasi. Hasil evaluasi berdasarkan analis menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa memperoleh penilaian "Baik" (37,03%) dan "Sangat Baik" (33,21%) dalam berbagai aspek yang dievaluasi, terutama dalam etika, disiplin, inisiatif, dan kreativitas. Namun, ada juga area yang memerlukan perhatian lebih, dengan 25,14% responden berada dalam kategori "Cukup," menandakan perlunya peningkatan lebih lanjut. Mayoritas nilai cukup 25,14% masih terlalu besar sehingga menjadi catatan khusus agar pelaksanaan KKN berikutnya bisa mengurangi nilai ini dengan memberikan masukan kepada institusi untuk memperbaiki pedoman dan peraturan. Namun, Secara keseluruhan semua program yang disusun ke dalam program kerja KKN berhasil terlaksana sepenuhnya.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Emilia, H. (2022). Bentuk dan Sifat Pengabdian Masyarakat yang Diterapkan oleh Perguruan Tinggi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 122–130. https://doi.org/10.37567/pkm.v2i3.1127
Erinsyah, M. F., Sasmito, G. W., Wibowo, D. S., & Bakti, V. K. (2024). Sistem Evaluasi Pada Aplikasi Akademik Menggunakan Metode Skala Likert Dan Algoritma Naïve Bayes. Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika, 13(1), 74–82. https://doi.org/10.34010/komputa.v13i1.10940
Fatimah, F. (2023). Analisis Kemampuan Interpretasi Grafik Mahasiswa Pada Materi Gerak Lurus. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(2), 554–566. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i2.735
Irwandi, B., Roza, Y., & Maimunah, M. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Statistis Peserta Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Jurnal Gantang, 6(2), 177–183. https://doi.org/10.31629/jg.v6i2.3961
Manongga, D., Rahardja, U., Sembiring, I., Lutfiani, N., & Yadila, A. B. (2022). Pengabdian Masyarakat dalam Pemberdayaan UMKM dengan Melakukan Implementasi Website Menggunakan Plugin Elementor Sebagai Media Promosi. ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 44–53. https://doi.org/10.34306/adimas.v3i1.810
Mu;arif, A., Irvan, & Nasution, M. D. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Terintegrasi. MAJU:Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(2), 10–16.
Muna, C. (2022). Eksistensi Peran Mahasiswa dalam Pengabdian Masyarakat. Eastasouth Journal of Impactive Community Services, VOL 1(1), 32–50. https://doi.org/10.58812/ejimcs.v1i01.24
Puspitasari, B., Darmayanti, R., Yunarsih, Y., Santoso, P., Sucipto, S., Kristanto, H., & Krisnawati, D. I. (2024). Kegiatan Imunisasi Sub Pin Polio Putaran 1 Dalam Rangka Pencegahan Penyakit Polio Di Wilayah Kerja Puskesmas Kota Selatan Kota Kediri. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tjut Nyak Dhien, 3(2), 1–9. https://doi.org/10.36490/jpmtnd.v3i2.1180
Simamora, B. (2022). Skala Likert, Bias Penggunaan dan Jalan Keluarnya. Jurnal Manajemen, 12(1), 84–93. https://doi.org/10.46806/jman.v12i1.978
Sumartini, S., Harahap, K. S., & Sthevany, S. (2020). Kajian Pengendalian Mutu Produk Tuna Loin Precooked Frozen Menggunakan Metode Skala Likert Di Perusahaan Pembekuan Tuna. Aurelia Journal, 2(1), 29. https://doi.org/10.15578/aj.v2i1.9392
Syahputra, A., & Putra, H. R. (2020). Persepsi Masyarakat Terhadap Kegiatan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM). At-Tanzir: Jurnal Ilmiah Prodi Komunikasi Penyiaran Islam, 1. https://doi.org/10.47498/tanzir.v11i1.349
Syifana, A. A., Puspitasari, S. A., Afifah, N., & Sawitri, D. K. (2023). Implementasi Branding Dan Digitalisasi Bisnis Pada UMKM Di Wilayah Klampok Kota Blitar. BERBAKTI : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 97–103. https://doi.org/10.30822/berbakti.v1i2.2451
Wijayanto, A., Riadi, I., & Prayudi, Y. (2023). TAARA Method for Processing on the Network Forensics in the Event of an ARP Spoofing Attack. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 7(2), 208–217. https://doi.org/10.29207/resti.v7i2.4589
Yuliandari, N. K., Utami, K. R., Cattleyana, D., Asyriana, S., Purnomo, E., Holis, M. N., & Hakim, A. R. (2024). Penguatan Kompetensi SDM Melalui Implementasi Budaya “Rewang” di SD Negeri Klatak Kabupaten Banyuwangi. BERBAKTI : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 269–276. https://doi.org/10.30822/berbakti.v1i3.2884