Pelaksanaan Program Pengabdian di Baru Ilir Tentang UMKM, Imunisasi Polio, Edukasi Pendidikan dan Toga

Main Article Content

Agus Wijayanto
Nadia Agustin Nawang Wulan
Amanda Elvina
Lidiya Anggreny Br Barus
Natasha Pramesty
Qhaerun Annisa
Putri Febri Nuraini
Muhammad Faridan Sutariya
Nasrul
Lita Indriani
Anugrah Tri Agustian
Nadia Putri Rahmadini
Muhammad Irfan Wardhana
Muhammad Fadillah
Hendri
Ratna Arif
Disna Yosita
Salis Andriani
Aulia Andini
Salma Daarin Yumna Nuhashofa
Yudhisthira Arya Nugraha
Alfan Qais Fadhillah

Abstract

Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam memecahkan masalah yang ada di wilayah baru ilir. Terlaksananya program kerja mahasiswa dalam menjalankan program KKN ini menjadi indikator penting bagi keberhasilan program KKN secara keseluruhan. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman secara langsung mahasiswa dengan lingkungan sekitar di Baru Ilir, dengan fokus pada perencanaan, implementasi kegiatan, serta evaluasi pelaksanaan menjadi pembasahan. Metodologi yang diajukan ini melibatkan lima tahapan utama: perencanaan, implementasi kegiatan, pengumpulan data melalui kuesioner, observasi, dan dokumentasi, analisis data menggunakan skala Likert, serta evaluasi. Hasil evaluasi berdasarkan analis menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa memperoleh penilaian "Baik" (37,03%) dan "Sangat Baik" (33,21%) dalam berbagai aspek yang dievaluasi, terutama dalam etika, disiplin, inisiatif, dan kreativitas. Namun, ada juga area yang memerlukan perhatian lebih, dengan 25,14% responden berada dalam kategori "Cukup," menandakan perlunya peningkatan lebih lanjut. Mayoritas nilai cukup 25,14% masih terlalu besar sehingga menjadi catatan khusus agar pelaksanaan KKN berikutnya bisa mengurangi nilai ini dengan memberikan masukan kepada institusi untuk memperbaiki pedoman dan peraturan. Namun, Secara keseluruhan semua program yang disusun ke dalam program kerja KKN berhasil terlaksana sepenuhnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Chaniago, E., Lubis, A., Hutagaol, D., Hariani, F., & Ani, N. (2022). Penyuluhan pemanfaatan pekarangan dengan tanaman obat keluarga dimasa pandemi di desa bakaran batu kecamatan batang kuis Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Derma Pengabdian Dosen Perguruan Tinggi (Jurnal DEPUTI), 2(1), 63–66. https://doi.org/10.54123/deputi.v2i1.112

Emilia, H. (2022). Bentuk dan Sifat Pengabdian Masyarakat yang Diterapkan oleh Perguruan Tinggi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 122–130. https://doi.org/10.37567/pkm.v2i3.1127

Erinsyah, M. F., Sasmito, G. W., Wibowo, D. S., & Bakti, V. K. (2024). Sistem Evaluasi Pada Aplikasi Akademik Menggunakan Metode Skala Likert Dan Algoritma Naïve Bayes. Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika, 13(1), 74–82. https://doi.org/10.34010/komputa.v13i1.10940

Fatimah, F. (2023). Analisis Kemampuan Interpretasi Grafik Mahasiswa Pada Materi Gerak Lurus. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(2), 554–566. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i2.735

Irwandi, B., Roza, Y., & Maimunah, M. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Statistis Peserta Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Jurnal Gantang, 6(2), 177–183. https://doi.org/10.31629/jg.v6i2.3961

Manongga, D., Rahardja, U., Sembiring, I., Lutfiani, N., & Yadila, A. B. (2022). Pengabdian Masyarakat dalam Pemberdayaan UMKM dengan Melakukan Implementasi Website Menggunakan Plugin Elementor Sebagai Media Promosi. ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 44–53. https://doi.org/10.34306/adimas.v3i1.810

Mu;arif, A., Irvan, & Nasution, M. D. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Terintegrasi. MAJU:Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(2), 10–16.

Muna, C. (2022). Eksistensi Peran Mahasiswa dalam Pengabdian Masyarakat. Eastasouth Journal of Impactive Community Services, VOL 1(1), 32–50. https://doi.org/10.58812/ejimcs.v1i01.24

Puspitasari, B., Darmayanti, R., Yunarsih, Y., Santoso, P., Sucipto, S., Kristanto, H., & Krisnawati, D. I. (2024). Kegiatan Imunisasi Sub Pin Polio Putaran 1 Dalam Rangka Pencegahan Penyakit Polio Di Wilayah Kerja Puskesmas Kota Selatan Kota Kediri. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tjut Nyak Dhien, 3(2), 1–9. https://doi.org/10.36490/jpmtnd.v3i2.1180

Simamora, B. (2022). Skala Likert, Bias Penggunaan dan Jalan Keluarnya. Jurnal Manajemen, 12(1), 84–93. https://doi.org/10.46806/jman.v12i1.978

Sumartini, S., Harahap, K. S., & Sthevany, S. (2020). Kajian Pengendalian Mutu Produk Tuna Loin Precooked Frozen Menggunakan Metode Skala Likert Di Perusahaan Pembekuan Tuna. Aurelia Journal, 2(1), 29. https://doi.org/10.15578/aj.v2i1.9392

Syahputra, A., & Putra, H. R. (2020). Persepsi Masyarakat Terhadap Kegiatan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM). At-Tanzir: Jurnal Ilmiah Prodi Komunikasi Penyiaran Islam, 1. https://doi.org/10.47498/tanzir.v11i1.349

Syifana, A. A., Puspitasari, S. A., Afifah, N., & Sawitri, D. K. (2023). Implementasi Branding Dan Digitalisasi Bisnis Pada UMKM Di Wilayah Klampok Kota Blitar. BERBAKTI : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 97–103. https://doi.org/10.30822/berbakti.v1i2.2451

Wijayanto, A., Riadi, I., & Prayudi, Y. (2023). TAARA Method for Processing on the Network Forensics in the Event of an ARP Spoofing Attack. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 7(2), 208–217. https://doi.org/10.29207/resti.v7i2.4589

Yuliandari, N. K., Utami, K. R., Cattleyana, D., Asyriana, S., Purnomo, E., Holis, M. N., & Hakim, A. R. (2024). Penguatan Kompetensi SDM Melalui Implementasi Budaya “Rewang” di SD Negeri Klatak Kabupaten Banyuwangi. BERBAKTI : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 269–276. https://doi.org/10.30822/berbakti.v1i3.2884