Pelatihan Pembuatan Aplikasi Media Pembelajaran Berbasis Android Smartphone Bagi Guru Bahasa Inggris Pesantren

Main Article Content

Labib Halim

Abstract

Kegiatan pengabdian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemanfaatan teknologi mobile dalam pengajaran Bahasa Inggris di pesantren, sehingga dibutuhkan pelatihan untuk mengatasi hal ini. Pelatihan pembuatan aplikasi media pembelajaran berbasis Android smartphone bagi guru Bahasa Inggris pesantren ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan teknologi dan kemampuan pengajaran berbasis teknologi. Pelatihan ini diikuti oleh seluruh guru Bahasa Inggris tingkat SMP dan SMA di komplek Yayasan Al Fattah Siman. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dengan metode pelatihan praktis, yang meliputi pembuatan aplikasi pembelajaran mobile dan cara penerapannya di kelas. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa 90% peserta merasa puas dan mengalami peningkatan keterampilan dalam pembuatan aplikasi pembelajaran. Sebanyak 85% peserta melaporkan bahwa aplikasi yang mereka buat dapat diterapkan dengan baik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Sebagai tindak lanjut, komunitas guru Bahasa Inggris yang tertarik pada mobile learning dibentuk untuk berbagi pengalaman dan pembaruan terkait penggunaan aplikasi mobile. Kesimpulannya, pelatihan ini berhasil meningkatkan keterampilan guru dalam menggunakan teknologi mobile dan mendukung pembelajaran yang lebih interaktif dan berkualitas.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Ahdan, S., Putri, A. R., & Sucipto, A. (2020). Aplikasi m-learning sebagai media pembelajaran conversation pada homey english. SISTEMASI: Jurnal Sistem Informasi, 9(3), 493–509.

Baharuddin, B., & Hatta, H. (2024). Transformasi manajemen pendidikan: Integrasi teknologi dan inovasi dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 7355–7544.

Budiman, I. A., Haryanti, Y. D., & Azzahrah, A. (2021). Pentingnya Media Aplikasi Android Menggunakan Ispring Suite 9 Pada Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 3, 144–150.

Crompton, H., & Burke, D. (2018). The use of mobile learning in higher education: A systematic review. Computers & Education, 123, 53–64.

Dewi, A. C., Maulana, A. A., Nururrahmah, A., Ahmad, A., & Naufal, A. M. F. (2023). Peran Kemajuan Teknologi dalam Dunia Pendidikan. Journal on Education, 6(1), 9725–9734.

Elaish, M. M. A. (2019). Mobile Game Application Framework with Persuasive Technology for Learning English Vocabulary Among Primary School Students. University of Malaya (Malaysia).

Handayani, S. (2016). Pentingnya kemampuan berbahasa Inggris sebagai dalam menyongsong ASEAN Community 2015. Jurnal Profesi Pendidik, 3(1), 102–106.

Haryadi, R. N., Utarinda, D., Poetri, M. S., & Sunarsi, D. (2023). Peran Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Informatika Utama, 1(1), 28–35.

Hiasa, F., Wisman, W., & Rahayu, N. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Mobile Learning Pada Kelompok Guru Bahasa Indonesia Se-Bengkulu Tengah. Jurnal Anugerah, 4(2), 169–178.

Jenita, J., Harefa, A. T., Pebriani, E., Hanafiah, H., Rukiyanto, B. A., & Sabur, F. (2023). Pemanfaatan Teknologi Dalam Menunjang Pembelajaran: Pelatihan Interaktif Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 13121–13129.

Lyraa, N., Wattimena, F. Y., Koibur, R., & Dolan, E. (2024). Penggunaan teknologi seluler untuk pembelajaran kosakata bahasa inggris dalam pendidikan jarak jauh. Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 2(2), 154–162.

Mea, F. (2024). Peningkatan efektivitas pembelajaran melalui kreativitas dan inovasi guru dalam menciptakan kelas yang dinamis. Inculco Journal of Christian Education, 4(3), 252–275.

Najjar, S., & Oktasari, H. (2023). Embracing Mobile Learning In Education: Membuka Keuntungan, Menghadapi Tantangan, dan Menjelajahi Prospek Masa Depan. Prosiding Seminar Nasional Kemahasiswaan, 1(1), 74–83.

Nuraeni, S. P. (2021). Bahasa Inggris di Era Globalisasi. Teori & Inovasi Pendidikan Masa Depan, 18.

Pangalo, E. G. (2020). Pembelajaran Mobile Learning Untuk Siswa SMA. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(1), 38–56.

Rofii, A. (2023). Kesulitan Berbicara Siswa Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1895–1904.

Samsinar, S. (2021). Mobile learning: Inovasi pembelajaran di masa pandemi COVID-19. Al-Gurfah: Journal of Primary Education, 2(2), 56–72.

Sukmana, N. (2024). Peran Pendidikan Dalam Menyongsong Bonus Demografi Menuju Indonesia Emas Tahun 2045. Jurnal Darma Agung, 32(5).

Suyuti, S., Wahyuningrum, P. M. E., Jamil, M. A., Nawawi, M. L., Aditia, D., & Rusmayani, N. (2023). Analisis efektivitas penggunaan teknologi dalam pendidikan terhadap peningkatan hasil belajar. Journal on Education, 6(1), 1–11.

Wibowo, H. S. (2023). Pengembangan Teknologi Media Pembelajaran: Merancang Pengalaman Pembelajaran yang Inovatif dan Efektif. Tiram Media.

Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(01), 61–78.