Pelatihan Penelitian Tindakan Sekolah Bagi Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Mutu Pendidikan

Main Article Content

Wilfridus Beda Nuba Dosinaeng
Alfons Bunga Naen
Theresia Wariani
Kristoforus Djawa Djong

Abstract

Kemampuan kepala sekolah dalam menyusun laporan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) sangat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Namun, banyak kepala sekolah masih mengalami kesulitan dalam menyusun laporan yang sistematis dan berbasis data, sehingga kebijakan sekolah kurang efektif dan program yang dijalankan tidak berkelanjutan. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi kepala sekolah dalam penyusunan laporan PTS melalui pelatihan terstruktur dan aplikatif. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini dilaksanakan di sembilan sekolah dasar di Rote Barat, Nusa Tenggara Timur, menggunakan metode pelatihan reflektif. Kegiatan ini mengombinasikan pendekatan pelatihan reflektif dengan penggunaan teknologi digital. Pelatihan reflektif membantu kepala sekolah untuk merefleksikan pengalaman dan pengetahuan mereka, sementara teknologi digital menyediakan alat dan sumber daya yang dibutuhkan untuk mengolah dan menganalisis data secara efektif. Pelatihan mencakup lima tahap: pemberian pengetahuan, refleksi pengalaman, praktik, refleksi kritis, dan profesionalisasi. Peserta dibimbing dalam mengidentifikasi masalah, merancang solusi berbasis penelitian, serta menyusun laporan sesuai standar akademik. Efektivitas pelatihan ini diukur melalui beberapa instrumen, yaitu lembar observasi untuk memantau keterlibatan peserta, rubrik penilaian untuk mengevaluasi kualitas proposal dan laporan PTS, wawancara terstruktur untuk menggali pengalaman dan tantangan peserta, serta dokumentasi hasil kerja sebagai bahan analisis lebih lanjut. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan kepala sekolah dalam menyusun laporan PTS. Namun, masih ditemukan tantangan dalam penggunaan alat analisis data digital dan keterbatasan waktu peserta. Dari kegiatan ini dapat disimpulkan bahwa pelatihan yang terstruktur dapat meningkatkan kompetensi kepala sekolah dalam menyusun PTS, sehingga mendukung kebijakan sekolah yang lebih efektif. Rekomendasi ke depan adalah integrasi teknologi digital dan pendampingan berkelanjutan untuk mendukung kepemimpinan pendidikan yang lebih baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Anwar, F., Asrin, A., & Setiadi, D. (2022). Kepemimpinan Partisipatif Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Kinerja Pendidik dan Tenaga Kependidikan di SMP Negeri 1 Sakra. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1229–1237. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3.750

Cahyono, Y., Priyadi, J., & Basuki, T. (2019). Kepemimpinan Perubahan (MPPKS - PIM). Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.

Hidayat, R., Dyah M, V., & Ulya, H. (2019). Kompetensi Kepala Sekolah Abad 21: Sebuah Tinjauan Teoritis. Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah, 4(1), 61–68.

Hidayatussakinah, & Marzuki, I. (2024). Microteaching. Ruang Karya.

Hulu, Y. (2023). Problematika Guru Dalam Pengembangan Teknologi dan Media Pembelajaran. |ANTHOR: Education and Learning Journal, 2(6), 840–846.

Iswadi. (2020). Pengelolaan Pendidikan. CV. Bunda Ratu.

Kaunang, N. S. N. (2022). Peningkatan Keprofesionalan Guru oleh Kepala Sekolah Melalui Penelitian Tindakan Sekolah di SD Warisa kecamatan Talawaan Kabupaten Minahasa Utara. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(2), 27–36.

Kemendikbud. (2016). Peningkatan Kualitas Pembelajaran - Program Kepala Sekolah Pembelajar Tahun 2016.

Mawaddah, R., Ramadhan Putra, H., & Suhardi, M. (2024). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Pembelajaran Berbasis Teknologi. Educator: Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik Dan Kependidikan, 4(3), 117–128.

Mukhafadlo, N., & Hariyati, N. (2022). Strategi Kepala Sekolah dalam Membangun Citra Positif Sekolah Madrasah Aliyah Swasta Tarbiyatut Tholabah Lamongan. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 10(1), 213–230.

Nashrullah, M., Maharani, O., Rohman, A., Fahyuni, E. F., Nurdyansyah, & Sri Untari, R. (2023). Metodologi Penelitian Pendidikan (Prosedur Penelitian, Subyek Penelitian, dan Pengembangan Teknik Pengumpulan Data). Umsida Press.

Nurhayati, & Rahmadani, A. (2023). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Journal on Education, 05(04), 10960–10968.

Pusat Standar dan Kebijakan Pendidikan. (2024). Risalah Kebijakan - Meningkatkan Pemanfaatan Data Rapor Pendidikan untuk Perencanaan yang Lebih Efektif di Satuan Pendidikan.

Roesminingsih, E., Setyowati, S., Sholeh, M., & Windasari. (2021). Pelatihan Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Sekolah Bagi Kepala Sekolah Dasar di Kabupaten Nganjuk. Transformasi Dan Inovasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 56–60.

Setyawan, D., & Santosa, A. B. (2021). Kompetensi Kepala Sekolah dan Guru sebagai Basis Pencapaian Mutu Pendidikan. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3269–3276. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1261

Siti Solihah, D., & Iskandar, S. (2023). Pentingnya Kompetensi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8, 2935–2945.

Supratman. (2021). Peningkatan Disiplin Guru SD Negeri 1 Gelanggang Kecamatan Sakra Timur Masa Pandemi Covid-19 Melalui Penerapan Supervisi Berbasis Jaringan. Jurnal Suluh Edukasi, 2, 77–87.

Suryana, C., & Iskandar, S. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Menerapkan Konsep Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7317–7326. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3485

Usman, Z. (2020). Upaya Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah dalam Menyusun Program Kerja Tahunan Melalui Supervisi Manajerial. Jurnal Kinerja Kependidikan, 2(1), 122–142.