Penerapan Sistem Inovasi Pembayaran Digital dan Pengelolaan Operasional pada Pelaku UMKM

Main Article Content

I Ketut Setia Sapta
Ni Made Satya Utami
Yenny Verawati
Ni Komang Ayu Putri Dwiyanti

Abstract

Toko serba ada saat ini menghadapi beberapa masalah utama, yaitu ketidakpraktisan sistem pembayaran tunai, kekurangan pamflet iklan yang informatif, dan pengelolaan stok yang kurang optimal. Tujuan pengabdian masyarakat untuk meningkatkan efisiensi operasional dan kepuasan konsumen melalui penerapan sistem pembayaran digital, desain pamflet iklan yang menarik, dan peningkatan efisiensi operasional. Metode pengabdian yang dilakukan oleh tim PKM yaitu 1) Mengidentifikasi masalah melalui observasi dan wawancara untuk menganalisis masalah; 2) Perancangan solusi yang diberikan adalah dengan melakukan perencanaan strategi melalui pelatihan QRIS, pembuatan pamflet dan strategi penataan barang; 3). Implementasi kegiatan; 4). Evaluasi kegiatan dilakukan melalui umpan balik dari karyawan dan konsumen untuk menilai dampak dari perubahan yang diterapkan. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa: 1). dari 30 pelanggan yang diwawancara, menunjukkan 85% umpan balik yang diberikan oleh responden memberikan pernyataan bahwa dengan menggunakan QRIS transaksi merasa lebih aman dan cepat. Serta ketika karyawan belum mendapatkan pelatihan digital hanya 20% pelanggan yang menggunakan pembayaran non tunai, namun setelah adanya pemberian pelatihan karyawan maka adanya peningkatan transaksi digital mencapai 60% dalam 1 bulan berdasarkan catatan toko. 2) dengan adanya pendistribusian pamflet 200 lembar disekitar Lokasi toko, berdasarkan survey yang dilakukan pada 70% pelanggan mereka mengetahui promo produk baru melalui pamflet. Dengan melakukan penyebaran pamflet dapat terjadinya peningkatan sebesar 30% pelanggan baru dalam 2 minggu, yang awalnya rata-rata pengunjung hanya 50 pelanggan/hari kemudian meningkat menjadi 65 pengunjung/hari. 3). melalui penataan kelola stock barang yang lebih teratur maka dapat mengurangi pencarian stock barang oleh karyawan yang dari 10 menit menjadi 3 menit per permintaan pelanggan, karyawan dapat mengetahui laporan stock mingguan yang kedaluarsa dengan cepat yaitu 15% produk yang kedaluarsa bilamana dilakukan manajemen stock secara berkala. Program ini berhasil meningkatkan efisiensi operasional dan kepuasan konsumen di Toko Putra Mas.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Ardana, S. G., Shafa Luqyana, A., Listi Antono, I. A., Rahayu, R. P., Qonita, L., Zahra, S. A., & Alsyahdat, F. (2023). Efektifitas Penggunaan QRIS bagi Kalangan Mahasiswa UNNES untuk Transaksi Pembayaran dalam Rangka Mendorong Perkembangan Ekonomi pada Era Digitalisasi. Jurnal Potensial, 2(2), 167–183.

Asofa, E. D., & Sholihah, D. D. (2024). Implementasi QRIS (QR Code Indonesian Standard) sebagai Media Pembayaran Elektronik bagi UMKM di Kelurahan Gunung Anyar Tambak. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(1), 42–48. https://doi.org/10.31004/jh.v4i1.511

Barney, J. (1991). Firm Resources and Sustained Competitive Advantage. Journal of Management, 17(1), 99–120.Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap perubahan Sosial Masyarakat di Indonesia. Jurnal Publiciana, 9(1), 140–157. https://doi.org/10.56943/ejmi.v1i2.9

Davis, F. D., Bagozzi, R. P., & Warshaw, P. R. (1989). User Acceptance of Computer Technology: A Comparison of Two Theoretical Models. Management Science, 35(8), 982–1003. https://doi.org/https://doi.org/10.1287/mnsc.35.8.982

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, & Kebudayaan, K. P. dan. (2021). Buku Panduan Indikator Kinerja Utama. In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (021).

Elvira, Lasminingrat, A., Ramadhania, Savitri, Kasmaniar, Marlina, Abdurohim, Suwandi, Cahyadi, I. F., Malikum, M., Pribadi, F. S., Utami, N. M. S., & Giyono. (2024). Komunikasi Bisnis Kaidah Komunikasi dalam Menata Bisnis (Suwandi (ed.). CV. Eureka Media Aksara.

Freeman, R. E., & McVea, J. (2001). A Stakeholder Approach to Strategic Management. In SSRN Electronic Journal . https://doi.org/10.2139/ssrn.263511

Goa, L. (2017). Perubahan Sosial Dalam Kehidupan Bermasyarakat. SAPA - Jurnal Kateketik Dan Pastoral, 2(2), 53–67. https://doi.org/10.53544/sapa.v2i2.40

Hanif, H., Hidayat, T., & Haryadi, R. N. (2023). Pelatihan Keterampilan Manajemen Operasional Bagi Umkm: Peningkatan Efisiensi Dan Produktivitas. JABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 24–28.

Jamali, D. (2008). A stakeholder approach to corporate social responsibility: A fresh perspective into theory and practice. Journal of Business Ethics, 82(1), 213–231. https://doi.org/10.1007/s10551-007-9572-4

Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business Horizons, 53(1), 59–68. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2009.09.003

Kuswibowo, C., Rakhmawati, D. Y., Juminawati, S., Utami, N. M. S., Wibowo, U. D. A., Sambiring, D., Satrionugroho, B., Hamdani, D., Anwar, H. ., & Jemadi, J. (2024). Konsep Dasar Bisnis Manajemen. In I. P (Ed.), Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.

Lewin, K. (1947). Frontiers in Group Dynamics: Concept, Method and Reality in Social Science; Social Equilibria and Social Change. In Human Relations (Vol. 1, Issue 1). SAGE. https://doi.org/10.1177/001872674700100103

Muktafi, A., & Fauzi, A. (2024). Pengembangan Media Promosi Dengan Pembuatan Brosur Berbasis Aplikasi Canva di Kanvill Dau Kabupaten Malang. JEBIMAN: Jurnal Ekonomi, Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi, 2(2), 150–157.

Natsir, K., Bangun, N., Attan, M. B., & Landias, J. S. (2023). Penggunaan Qris Sebagai Alat Pembayaran Digital Untuk Meningkatkan Produktivitas Umkm. Jurnal Serina Abdimas, 1(3), 1154–1163. https://doi.org/10.24912/jsa.v1i3.26208

Pratama, M. D., Cahyati, M., Rifai, M. F., Fahlevi, M. R., Rahayu, N., Hermawan, R. A., Salsafira, R. D., Herdiana, D., & A. (2023). Penggunaan Financial Technology Transaksi Non Tunai (Cashless) (D. Herdiana. & Jaenudin (eds.). Widina Bhakti Persada.

Saputra, N. D., Triono, Rama, K. S., Murdini, L. A., & Al Laitsi, M. (2024). Seminar Nasional Perekonomian “Qris Sebagai Inovasi Digital Sistem Pembayaran Indonesia.” Community Development Journal, 5(1), 745–750.

Sariani, N. L. P., & Utami, N. M. S. (2021). Pelatihan Dan Pendampingan Sistem Informasi Manajemen Di Era New Normal. Community Development Journal, 5(1), 205–212. https://doi.org/10.33086/cdj.v5i1.1960

Sariwaty, Y., Rahmawati, D., Oktaviani, F., & Amran, A. (2019). Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Calief Melalui Implementasi Komunikasi Pemasaran. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 218–224.

Septiana, D. (2023). Evaluasi terhadap sistem persediaan barang dagang (studi kasus di CV. Aneka Kertas Semarang).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Tampubolon, M. P. (2020). Change Management Manajemen Perubahan : Individu, Tim Kerja Organisasi. In Bogor; Mitra Wacana Media (Edisi Pert). Penerbit Mitra Wacana Media.

Tornatzky, L. G., Fleischer, M., & Chakrabarti, A. K. (1990). The Processes of Technological Innovation. Lexington Books.

Triansyah, F. A., Utami, N. M. S., Ekowati, M. A. S., Karyono, Iskamto, D., Tamrin, M., Esthi, R. B., Katili, A. Y., Fatkhulloh, A., & Rulianti, E. (2023). Transformasi Digital Manajemen Sumber Daya Manusia (F. Rezeki (ed.). PT Kimshafi Alung Cipta.

Utami, N. M. S., & Maharani, N. M. Dela. (2024). Penerapan Sistem Digitalisasi Pencatatan Stok Barang Serta Pengimplementasian Program Poin Melalui Sistem Mamber Card Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Pada CV Busana Utama Sentosa. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat, 3(1), 317–322.

Utami, N. M. S., Richadinata, K. R. P., Darmayasa, K., & Febry, S. N. K. R. I. (2023). Penerapan Ekonomi Digital Dalam Upaya Meningkatkan Pelayanan Di Era New Normal Pada Bamboo Coffee. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat, 2(2), 895–901.

Utami, N. M. S., Sandrya, N. L. P., & Dwijana, I. G. K. (2023). Pengrajin Industri Rumah Tangga berbasis teknologi menuju UMKM Naik Kelas. Jurnal Pengabdian Masyarakat (JMAS), 2(3), 843–854.

Venkatesh, V., Morris, M. G., Davis, G. B., & Davis, F. D. (2003). User Acceptance of Information Technology: Toward a Unified View. MIS Quarterly, 2(3), 425–478. https://doi.org/10.1016/j.inoche.2016.03.015

Yoga, S. (2019). Perubahan Sosial Budaya Masyarakat Indonesia Dan Perkembangan Teknologi Komunikasi. Jurnal Al-Bayan, 24(1), 29–46. https://doi.org/10.22373/albayan.v24i1.3175

Zhu, K., Dong, S., Xu, S. X., & Kraemer, K. L. (2006). Innovation diffusion in global contexts: Determinants of post-adoption digital transformation of European companies. European Journal of Information Systems, 15(6), 601–616. https://doi.org/10.1057/palgrave.ejis.3000650