Edukasi Kesadaran Konsumsi Makanan Sehat bagi Remaja: Implementasi Program Awareness of Healthy Food Choices

Main Article Content

Syahrul Novenda Ramadhanny Syahrul
Oktario Dinansa Khoir
Ghani Armando
Endang Dwiyanti

Abstract

Kesehatan remaja Indonesia menjadi perhatian utama mengingat tingginya prevalensi gizi kurang, obesitas, dan anemia akibat pola konsumsi yang kurang tepat. Program "Awareness of Healthy Food Choices" diinisiasi oleh GAIN dan RISE Foundation sebagai intervensi edukatif yang bertujuan meningkatkan pemahaman remaja mengenai gizi seimbang dan pentingnya membaca label pangan. Program ini dilaksanakan di SMPN 1 Banyuwangi dengan metode Training of Trainers (ToT), Challenge Scan QR Code Aplikasi Nutrihunt, penempelan poster edukatif, serta advokasi dan penyusunan Rencana Tindak Lanjut (RTL). Hasil dari program ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman peserta terhadap gizi remaja, label pangan, dan pemanfaatan aplikasi Nutrihunt, dengan peningkatan skor post-test sebesar 83,3% dibandingkan pre-test. Kegiatan ini juga berhasil mendorong pihak sekolah untuk menerapkan kebijakan kantin sehat melalui penyediaan makanan berlogo pilihan lebih sehat dan penggunaan sugar meter. Keberlanjutan program didukung dengan penandatanganan RTL oleh sekolah sebagai bentuk komitmen dalam menyediakan lingkungan yang lebih sehat bagi siswa. Kesuksesan program ini menegaskan pentingnya pendekatan edukasi partisipatif dalam meningkatkan kesadaran gizi remaja dan diharapkan dapat diperluas serta disempurnakan dengan metode edukasi modern di masa depan. Kegiatan ini juga menunjukkan potensi untuk direplikasi atau dikembangkan di sekolah lain dengan menyesuaikan pendekatan edukasi yang sesuai dengan karakteristik siswa di masing-masing sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Agnesia, D. (2020). Peran Pendidikan Gizi Dalam Meningkatkan Pengetahuan, Sikap Dan Perilaku Gizi Seimbang Pada Remaja Di Sma Yasmu Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik. Academics In Action Journal of Community Empowerment, 1(2), 64.

Ali, R., Fauziyah, S., Rahmat, A., Nurfitriani, R., Nduru, Purnama, M. N. F., & Nifu, N. E. A. N. F.-A. B. (2016). Urgensi Pembelajaran pada Pendidikan Dasar.

Armando, G., Khoir, O. D., & Lailiyah, S. (2024). Pelatihan Oleh Fasilitator Sebaya Menggunakan Aplikasi Health Heroes Nutrihunt Untuk Memilih Makanan Minuman Sehat Dan Meningkatkan Pengetahuan Remaja Dalam Mencegah Masalah Gizi Remaja. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 295–303.

Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Badan Litbangkes). (2018). Laporan Riskesdas 2018 Nasional.pdf. In Lembaga Penerbit Balitbangkes (p. 674).

BPOM. (2021). Perka BPOM No. 26 Tahun 2021 tentang Informasi Nilai Gizi pada Label Pangan Olahan. Bpom Ri, 1–16.

Hapsari, R. A., & Widiastuti, E. N. (2024). Edukasi Gizi Seimbang Sebagai Upaya Pencegahan Stunting Pada Balita Di Kabupaten Pulang Pisau , Kalimantan Tengah Education of Balanced Nutrition As An Effort To Prevent Stunting in Toddler in The Pulang Pisau Regency , Central Kalimantan. 11.

Lestari, W. A., & Iswahyudi, I. (2024). Upaya Pencegahan Obesitas Remaja Melalui Pendampingan dan Edukasi Label Gizi Serta Penerapan Kunci Jajan Sehat Bergizi. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 8(1), 177.

Maulida, A. Z. (2019). Membaca Label Pangan Pada Mahasiswa Gizi Uin Walisongo Semarang. UIN Walisongo Semarang.

Nisaul maslakah, Z. S. (2017). Pengaruh Pendidikan Media Flashcard Terhadap Pengetahuan Anak Tentang Pedoman Umum Gizi Seimbang. Jurnal Kesehatan, 10(01), 9–16.

Nurani, E. (2019). Pengaruh Metode Penyuluhan terhadap Pengetahuan dan Praktek Pemilihan Jajanan Sehat pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Riset Dan Inovasi, 7–29.

Permatasari, P. I., Masrikhiyah, R., Ratnasari, D., Kesehatan, F. I., & Setiabudi, U. M. (2022). Hubungan Tingkat Pengetahuan Gizi terhadap Asupan Gizi , IMT , dan Frekuensi Minuman Isotonik pada Siswa SSB Dewatara. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6, 14679–14688.

Ronitawati, P., Sitoayu, L., Nuzrina, R., & Melani, V. (2020). Edukasi Bekal Sehat Berdasarkan Prinsip Gizi Seimbang Dengan Media " Isi Bekalku " Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Masyarakat Mandiri, 4(3), 407–414.

Salsabila, N. F., Putri, V. S., Ramadhan, M. A., Anshori, M. W., & Astuti, W. (2024). Edukasi Gizi Seimbang melalui Media Game Nutristzil Berbasis Interactive Website di SMK Mahardhika Batujajar. 13(3), 2955–2964.

Silitonga, F., Respa, C., & Widyandaru, R. Z. (2024). Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Kelurahan Tembesi Melalui Kolaborasi Pemberdayaan Masyarakat PT Perusahaan Gas Negara ( Offtake Stasiun Panaran ) Dengan Politeknik Pariwisata Batam. 2(1), 1–12.

Waluyani, I., Siregar, F. N., Anggreini, D., Aminuddin, A., & Yusuf, M. U. (2022). Pengaruh Pengetahuan, Pola Makan, dan Aktivitas Fisik Remaja Terhadap Status Gizi di SMPN 31 Medan, Kecamatan Medan Tuntungan. PubHealth Jurnal Kesehatan Masyarakat, 1(1), 28–35.