Penerapan Manajemen Digitalisasi Jurnal Pengajaran bagi Guru SMK Pelayaran

Main Article Content

Desy Yuli Aryani
Ely Sulistiyowati
Renny Hermawati
Mariana Kristiyanti
Yulianto Yulianto
Kundori Kundori

Abstract

Guru  dituntut untuk memiliki sikap disiplin yang dimulai dari kehadiran masuk sekolah, kegiatan belajar mengajar hingga selesai pembelajaran. Sistem kehadiran adalah sistem yang digunakan  dalam pengelolaan kehadiran karyawan dalam sebuah organisasi yang mencatat kehadiran karyawan dan memanfaatkan data tersebut sebagai basis laporan untuk keperluan manajemen karyawan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru SMK Pelayaran dalam menerapkan manajemen digitalisasi jurnal pengajaran. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian ini adalah metode partisipatif dan aplikatif yang dirancang secara sistematis. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini terdiri dari beberapa tahap antara lain Tahap inisiasi dan mengidentifikasi kebutuhan mitra, Tahap yang kedua adalah sosialisasi dan instalasi aplikasi digitalisasi jurnal pembelajaran, Sedangkan tahap ketiga adalah evaluasi pelaksanaan kegiatan. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa 85% guru telah mampu menginstal sistem  jurnal digital, sehingga dapat dipraktekkan pada saat melaksanakan pembelajaran di kelas yang berdampak positif pada efisiensi administrasi sekolah. Namun masih sebanyak 15% ditemukan beberapa kendala teknis seperti keterbatasan infrastruktur internet pada beberapa kelas, belum memiliki user untuk login, dan tingkat pemahaman guru untuk beradaptasi dalam pengoperasian sistem digital. Digitalisasi jurnal pengajaran merupakan solusi inovatif yang tidak hanya memudahkan guru dalam mendokumentasikan proses pembelajaran, namun juga mampu meningkatkan kualitas pengajaran melalui akses yang lebih cepat, terorganisir, dan terintegrasi. Digitalisasi jurnal pengajaran memungkinkan penyimpanan data yang lebih aman dan mudah diakses sehingga mengurangi resiko kehilangan informasi penting.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Astuti, R., Kamila, N. S., & Mahatama, D. S. (2024). An Analysis Study of the Utilisation of Digital Learning Media in the Implementation of Microteaching Biology. International Journal of Educational Technology and Society, 1(4), 61-71. https://doi.org/10.61132/ijets.v1i4.166

Bah, S. M., & Ming, F. (2020). An improved face recognition algorithm and its application in attendance management system. Array, 5, 100014.https://doi.org/10.1016/j.array.2019.100014

Darmawan, D., Alamsyah, T. P., & Rosmilawati, I. (2020). Participatory Learning and Action untuk Menumbuhkan Quality of Life pada Kelompok Keluarga Harapan. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 160-169. https://doi.org/10.15294/jnece.v4i2.41400

Demirel, E. (2020). Maritime education and training in the digital era. Universal Journal of Educational Research. DOI: 10.13189/ujer.2020.080939

Kabir, M. H., Roy, S., Ahmed, M. T., & Alam, M. (2021). Smart attendance and leave management system using fingerprint recognition for students and employees in academic institute. International Journal of Scientific & Technology Research, 10(6), 268-276.

Khan, I., Ahmad, A. R., Jabeur, N., & Mahdi, M. N. (2021). An artificial intelligence approach to monitor student performance and devise preventive measures. Smart Learning Environments, 8, 1-18. https://doi.org/10.1186/s40561-021-00161-y

Kristiyanti, M., Sutini, S., & Kundori, K. (2023). Design Of Prototype Of Learning Information System Of Web-Based Modern Ship Navigation Tools. Jurnal Sains Dan Teknologi Maritim, 24(1), 31-38.

Kundori, K. (2022). Peningkatan Profesionalitas Guru Melalui Computer Based Training (CBT) Pelayaran. Jurnal Pengabdian Mandiri, 1(2), 111-116.

Kundori, K., Ariyanto, H., Rejeki, I. D., Arifah, A., & Budiyanto, L. (2024). Pendampingan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) Bagi Taruna SMK Pelayaran. Babakti: Journal of Community Engangement, 1(1), 1-8. https://doi.org/10.35706/babakti.v1i1.10

Murali, N., Rajesh, R., Sridharan, S., Mariadas, A. E. P., Murugan, S. P., & Manikandan, S. (2024, February). A GPS-based Face Attendance Register System using Android Applications stored in the Cloud. In 2024 11th International Conference on Computing for Sustainable Global Development (INDIACom) (pp. 17-22). IEEE. DOI:10.23919/INDIACom61295.2024.10498447

Pangestu, P. D. A. P. A., Permatasari, H., & Widyaningsih, P. (2024). Sistem Informasi Presensi Karyawan Menggunakan Qr Code Berbasis Web Pada PT Berkat Bagi Sesama Kota Surakarta. JEKIN-Jurnal Teknik Informatika, 4(3), 567-579. https://doi.org/10.58794/jekin.v4i3.845

Saputra, P. P., Herza, H., Taufiq, M. A., & Setyawan, R. D. (2023). Inisiasi dan Optimalisasi Menuju Generasi Cerdas dan Sejahtera Melalui Kampung Literasi Berbasis Masyarakat di Desa Kacung, Kabupaten Bangka Barat. Abdi Wiralodra: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 147-165. https://doi.org/10.31943/abdi.v5i2.106

Sonia, N. R. (2020). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Pendidikan (Simdik) dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Ponorogo. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 1(1), 94-104. https://doi.org/10.21154/sajiem.v1i1.18

Tabuyo, V., Beninsig, M., & Barayuga, V. J. (2024). Learning Management System with Performance and Attendance Monitoring for ISPSC. Nanotechnology
Perceptions, 48-60. https://doi.org/10.62441/nano-ntp.vi.388

Trinova, Z., Astuti, R., Perdana, I., Rahman, Y., Jhony, C., Haris, I., & Arifin, A. (2022). Influence of interest and discipline on student learning outcomes. Journal of Higher Education Theory and Practice, 22(18).