Pemanfaatan Limbah Kardus untuk Melatih Kreativitas Anak Usia Dini di TK Pelangi Palu

Main Article Content

Durrotunnisa Durrotunnisa
Nurhayati Nurhayati
Hesti Putri Setianingsih
Besse Nirmala

Abstract

Kegiatan pengabdian ini dilatarbelakangi oleh fenomena banyaknya anak yang lebih tertarik bermain gawai daripada mengeksplorasi mainan yang sesuai dengan tahap perkembangan usianya. Minimnya kesempatan dan ruang dari lingkungan sekitar untuk bermain aktif turut memperkuat kecenderungan ini. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian bertujuan untuk mengajak guru dan anak usia dini merancang dan menciptakan mainan ramah lingkungan dari bahan yang mudah ditemukan di sekitar, seperti kardus dan limbah rumah tangga lainnya. Metode pelaksanaan dilakukan melalui pendampingan pembuatan mainan kreatif di Lembaga PAUD, dengan pendekatan partisipatif yang melibatkan anak secara aktif dalam proses desain. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa anak usia dini mampu menciptakan desain mainan seperti rumah-rumahan dengan hiasan dari pipet, stik es krim, dan pewarna, serta menunjukkan kreativitas dalam proses tersebut. Selain itu, kemampuan kolaboratif antaranak dalam kelompok juga tampak berkembang, mencerminkan peningkatan keterampilan kognitif dan sosial. Hasilnya menunjukkan anak memiliki skor kreativitas rata-rata sebesar 81,86%. Kesimpulannya, kegiatan ini berdampak positif dalam mengembangkan kreativitas dan kemampuan berpikir kritis anak melalui pemanfaatan bahan ramah lingkungan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Adriani, S. W., Ismaniar, I., & Dasa Putri, L. (2024). Mendeteksi Ancaman Kecanduan Gadget pada Anak Usia Dini. Pustaka : Jurnal Ilmu-Ilmu Budaya, 24(1), 90. https://doi.org/10.24843/pjiib.2024.v24.i01.p12

Arianti, A. (2019). Peranan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.181

Ariin, V. K., Rohendi, E., & Istianti, T. (2016). Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Melalui Metode Bermain Secara Kolaboratif. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1). https://doi.org/10.17509/cd.v8i1.10555

Dewi, R. M., & Mailasari, D. U. (2020). Pengembangan Keterampilan Kolaborasi pada Anak Usia Dini melalui Permainan Tradisional. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(2), 220. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i2.8796

Elfiadi. (2018). Dampak Gadget Terhadap Perkembangan. Itqan, 9(2), 97–110.

Handayani, A. (2014). Cara Membuat Tempat Pensil dari Kardus.

Hasyim, M., & Andreina, F. K. (2019). Analisis High Order Thinking Skill (Hots) Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 55. https://doi.org/10.24853/fbc.5.1.55-64

Kusuma, A., Herawati, S., Sarwiti, S., & Kholifah, S. (2023). Penggunaan Eco-Brick Sebagai Media Pembelajaran Anak Prasekolah Di Paud Kendedes. Jurnal Anak Bangsa, 2(2), 279–288. https://doi.org/10.46306/jas.v2i2.47

Magdalena, O. M., & Durrotunnisa. (2022). Effect of Cognitive Restructuring to Increase Students’ Academic Resiliense. Bisma The Journal of Counseling, 6(3), 413–423. https://doi.org/10.23887/bisma.v6i3.56408

Mawarnisa, R. (2022). Model Permainan Edukasi Dari Bahan Bekas Kardus Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Prestasi Anak Paud Usia 5-6 Tahun. At-Tufula, 98.

Nirmala, B., & Sabrina, M. (2021). Pengaruh Media Loose Parts terhadap Pengembangan Kreativitas Anak. Jurnal Bungamputi, 7(2), 46–57.

Purwanti, I., Suyanto, U. Y., Lailiayah, E. H., Isamiyah, N., Nishrina, N., & Presetyo, Y. (2022). Pemanfaatan Kardus Bekas Menjadi Kerajinan Tangan Guna Meningkatkan Kreativitas. Abadi: Jurnal Ahmad Dahlan Mengabdi, 2(2), 35–38.

Rachman, S. P. D., & Cahyani, I. (2019). Perkembangan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 2(1), 52–65. https://doi.org/10.15575/japra.v2i1.5312

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar, November, 289–302.

Subarkah, M. A. (2019). Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Anak. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 15(1), 125–139. https://doi.org/10.31000/rf.v15i1.1374

Sukardjo, M., Nirmala, B., Ruiyat, S. A., Annuar, H., & Khasanah, U. (2023). Loose Parts: Stimulation of 21st Century Learning Skills (4C Elements). Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 1073–1086. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.4088

Wallach, M. A., & Torrance, E. P. (1968). Torrance Tests of Creative Thinking: Norms -- Technical Manual. American Educational Research Journal, 5(2), 272. https://doi.org/10.2307/1161826

Wilson, L. O. (2001). Anderson and Krathwohl Bloom’s Taxonomy Revised Understanding the New Version of Bloom’s Taxonomy. The Second Principle, 1–8.

Yuliarty, P., Anggraini, R., & Kristiana, R. (2019). Daur Ulang Karton Bekas Menjadi Produk Bernilai. Industri Inovatif : Jurnal Teknik Industri, 9(2), 41–46. https://doi.org/10.36040/industri.v9i2.371