PENGARUH ON STREET PARKING TERHADAP KINERJA RUAS JALAN MOCH. HATTA KOTA KUPANG (Studi Kasus Di Depan RSUD Prof. Dr. W.Z. Johannes)

Isi Artikel Utama

Krisantus Satrio Wibowo Pedo

Abstrak

Parkir pada badan jalan dapat mempengaruhi kinerja ruas jalan akibat berkurangnya lebar efektif jalan. Permasalahan ini terdapat pada ruas Jl. Moch. Hatta depan RSUD Dr. Prof. W.Z. Johannes. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karatersitik parkir pada badan jalan dan dampaknya terhadap kinerja ruas jalan. Metode penelitian menggunakan perhitungan karateristik parkir seperti volume, akumulasi, durasi, indeks dan turnover parkir, sedangakn untuk perhitungan kinerja ruas jalan menggunakan metode PKJI 2023. Hasil penelitian terkait karateristik parkir badan jalan diperoleh volume parkir pada sisi kiri badan jalan adalah sebanyak 261 kendaraan dan pada sisi kanan sebanyak 248 kendaraan. Indeks parkir tertinggi per jam pada sisi kiri badan jalan untuk sepeda motor sebesar 63% dan untuk mobil sebesar 96%, sedangkan pada sisi kanan badan jalan untuk sepeda motor diperoleh sebesar 25% dan untuk mobil sebesar 90%. Hasil ini menunjukkan indeks parkir didominasi oleh parkir mobil. Hasil kinerja ruas jalan diperoleh volume lalu lintas tertinggi adalah 1.112 smp/jam, kapasitas pada kondisi eksisting adalah 1.776 smp/jam dengan nilai DJ sebesar 0,63 (LOS C). Kecepatan rata-rata diperoleh sebesar 16,06 km/jam dan kecepatan arus bebas diperoleh sebesar 42,854 km/jam. Tingkat pelayanan jalan hasil hubungan antara kecepatan dan DJ diperoleh LOS E. Pengaruh parkir pada badan jalan terhadap kinerja ruas jalan adalah sebesar 42% sampai 68%. Hal ini diperhitungkan berdasarkan simulasi 2 kondisi, pada kondisi pertama hanya ada 1 sisi parkir badan jalan dan kondisi kedua jika parkir pada badan jalan ditiadakan.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Rincian Artikel

Bagian
Articles