Pengembangan Modul Ajar pada Materi Lingkaran untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis dan Problem Solving Siswa Kelas VIII di SMPN 6 Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan modul ajar terkait matematika materi lingkaran untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis dan problem solving siswa kelas VIII di SMPN 6 Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 6 Yogyakarta dengan sampel penelitian sebanyak 32 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan mengikuti tahap-tahap ADDIE yaitu : (1) Tahap Analisis (Analysis), (2) Tahap Perencanaan (Design), (3) Tahap Pengembangan (Development), (4) Tahap Implementasi (Implementation), (5) Tahap Evaluasi (Evaluation). Namun, pada penelitian ini hanya menggunakan tahap ADDE, karena keterbatasan waktu sehingga tahap Implementasi tidak di lakukan. Teknik analisi data yang digunakan ialah kualitatif deskripsi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian data yang digunakan oleh peneliti yaitu wawancara, observasi dan angket. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi guru kelas VIII untuk bisa mengembangkan perangkat ajar yang baik untuk para siswa