Pengembangan Aktivitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Mathcitymap untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
Abstract
Aktivitas berpikir sering terjadi ketika orang menghadapi masalah atau situasi sulit dalam kehidupan mereka. Kemampuan berpikir kritis sangat penting ketika menghadapi masalah dan dapat membantu dalam menemukan solusi. Banyak situasi matematika yang mengharuskan siswa untuk menemukan solusi dengan langkah-langkah yang mereka temukan sendiri, berdasarkan informasi yang diberikan dalam soal. Berpikir kritis melibatkan pendekatan yang kooperatif dan konstruktif untuk menyelesaikan masalah. Di konteks pendidikan, siswa sebagai subjek pembelajaran memiliki kesempatan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aktivitas pembelajaran matematika menggunakan MathCityMap untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Aktivitas yang disediakan pada Math Trail mengacu pada materi yang dikuasai oleh siswa SMP kelas 9. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian dan Pengembangan (R&D) dengan model 4D (Define, Design, Development, dan Disseminate) yang dibatasi sampai tahap ketiga. Aktivitas pembelajaran matematika menggunakan MathCityMap yang dikembangkan melalui penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas 9