Pengembangan Modul Ajar Topik Aljabar untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Literasi Matematika Siswa SMP Kelas VII Menggunakan Model ADDIE
Abstract
Abstrak
Pentingnya pemahaman konsep matematika dan literasi matematika adalah memastikan peserta didik memiliki landasan yang kuat untuk memahami struktur matematika, sementara untuk literasi matematika memungkinkan peserta didik menerapkan konsep tersebut dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari. Pemahaman konsep dan literasi matematika dalam memperkaya keterampilan berpikir kritis, peningkatan pada keterampilan memecahkan permasalahan dan memberikan relevansi pada pembelajaran matematika dalam konteks dunia nyata. Peserta didik di SMP Kanisius Gayam Yogyakarta mengalami kesulitan dalam pemahaman konsep dan literasi matematika yang ditunjukkan dalam pengerjaan LKPD maupun ulangan berbasis literasi. sehingga tujuan penelitian ini mengembangkan modul ajar topik aljabar untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan literasi matematika. Jenis penelitian ini ialah penelitian dan pengembangan yang menggunakan model ADDIE. Model ADDIE meliputi tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian dilakukan dibatasi sampai tahap development dan diakhiri dengan validasi ahli terhadap modul ajar yang dikembangkan. Modul Ajar yang dikembangkan dapat digunakan guru untuk melaksanakan pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan emahaman konsep dan literasi matematika siswa SMP Kelas VII pada topik materi aljabar