Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa
Abstract
Abstrak
Prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika rendah disebabkan karena penggunaan model pembelajaran yang diberikan kurang bervariasi. Tujuan dilakukan penelititian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP 20 Kupang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Experiment. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling dengan. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonequivalent pretest-postest control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa meningkat setelah pembelajaran dilaksanakan. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai pretest dan posttest pada kelas yang menerapkan model Discovery Learning yaitu dari 34,35 menjadi 82,25 peningkatan nilai sebesar 47,90 sedangkan rata-rata nilai pretest dan posttest pada kelas pembelajaran langsung yaitu dari 38,54 menjadi 51,12 peningkatan nilai sebesar 18,54.. Analisis inferensial dengan menggunakan teknik analisis statistik anacova diperoleh nilai probabilitas (sig) sebesar 0,000 dari nilai signifikansi yang ditentukan sebesar 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model Discovery Learning terhadap prestasi belajar siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Model Discovery Learning berpengaruh terhadap Prestasi belajar Matematika siswa kelas VII di UPTD SMP Negeri 20 Kupang. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji anacova diperoleh nilai probabilitas (sig.) 0,000 < 0,05.