Pengembangan Bahan Ajar dengan Model Addie pada Materi Kesebangunan dan Kekongruenan Matematika Kelas IX SMP Pembangunan Karangmojo

  • Pipin Arnika Universitas Sanata Dharma
  • Niluh Sulistyani Universitas Sanata Dharma
Keywords: Bahan Ajar, Kekongruenan dan Kesebangunan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar serta mengetahui tingkat kelayakannya menggunakan model ADDIE. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMP Pembangunan Karangmojo pada Bulan November 2023. Populasi pada penelitian ini adalah anak-anak kelas IX B yang berjumlah 28 siswa. Pemilihan model ADDIE dikarenakan model ini memberikan kesempatan untuk melakukan evaluasi dan revisi secara terus menerus dalam setiap fase yang dilalui. Prosedur yang digunakan dalam penelitian ini dengan Langkah-langkah pengembangan model ADDIE : Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Evaluation (evaluasi). Pada tahap analisis, peneliti mengobservasi kebutuhan dan mengidentifikasi masalah. Tahap desain, peneliti membuat kerangka modul ajar. Tahap pengembangan, peneliti membuat bahan ajar yang dapat digunakan oleh siswa dalam memahami konsep kekongruenan dan kesebangunan. Tahap evaluasi, peneliti melakukan validasi pada kepada dua ahli. Berdasarkan hasil validasi dua ahli sebesar 82,1% maka bahan ajar dengan materi kekongruenan dan kesebangunan layak digunakan oleh siswa sebagai media untuk memahami materi kekongruenan dan kesebangunan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-02-05