Pengembangan Math Trails Berbasis Masalah Kontekstual dengan Bantuan Mathcitymap Untuk Mendukung Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMA Kelas 11
Abstract
Matematika merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang dipelajari setiap jenjang. Pemahaman dalam mempelajari matematika tidak sebatas melakukan perhitungan angka dan rumus, melainkan juga melibatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah. Kemampuan literasi menjadi kemampuan yang perlu dikembangkan sebagai salah satu proses dalam memecahkan masalah. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan aktivitas pembelajaran yang dapat mendukung kemampuan literasi matematis peserta didik pada math trails berbasis kontekstual dengan bantuan mathcitymap. Masalah kontekstual yang dikaji pada math trails merupakan materi yang telah dikuasai siswa SMA kelas 11. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4D yang dibatasi sampai tahap ketiga, yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), serta tahap pengembangan (develop). Inovasi aktivitas pembelajaran dengan math trails berbasis kontekstual dengan bantuan mathcitymap yang dikembangkan melalui penelitian ini diharapkan dapat mendukung pencapaian kemampuan literasi matematis siswa SMA kelas 11.