Analisis Kesulitan Belajar Operasi Hitung pada Siswa Kelas II SD Negeri 2 Karangan di Klaten

  • Abigail Rina Kartika Sari Universitas Sanata Dharma
  • Haniek Sri Pratini Universitas Sanata Dharma
Keywords: analisis kesulitan, operasi hitung, pernjumlahan, pengurangan, perkalian

Abstract

Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Mengajar (MBKM) merupakan kebijakan yang memiliki tujuan untuk mendorong mahasiswa dalam menguasai berbagai bidang keilmuan untuk mempersiapkan dunia kerja dan masa depan. Salah satu program yang dapat mendukung peningkatan pendidikan di Indonesia adalah Kampus Mengajar. Penelitian ini memiliki tujuan untuk melakukan analisis terhadap kesulitan operasi hitung siswa kelas II SD Negeri 2 Karangan, Klaten. Tujuan penelitian ini adalah peneliti ingin mengetahui kesalahan-kesalahan peserta didik kelas 2 di SD N 2 Karangan mengenai operasi hitung. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri 2 Karangan tahun ajaran 2021/2022 sebanyak 29 siswa. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi dan pemberian soal. Kesulitan yang dialami oleh siswa yaitu: 1) kesalahan dalam menghitung penjumlahan lebih dari sepuluh; 2) kesalahan dalam membaca tanda baca operasi hitung; 3) Kesalahan Siswa dalam Operasi Berhitung atau Diskalkulia. Dalam mengatasi permasalahan tersebut dapat menggunakan solusi berikut: 1) memberikan asesmen bagi siswa setiap harinya agar menjadi terbiasa dan fasih; 2) memberikan soal yang bervariasi dalam operasi hitung; 3) ketika siswa sudah terbiasa dapat mencoba memberikan latihan soal dengan operasi hitung campuran

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-02-05