Pengembangan Soal Materi Pythagoras untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik Kelas VII di SMPN 1 Yogyakarta
Abstract
Perkembangan zaman membuat kemampuan berpikir seseorang merupakan aspek terpenting untuk mengukur keberhasilan seseorang. Hal tersebut menyebabkan pendidik dituntut untuk mengembangkan kemampuan berpikir siswa. Kemampuan berpikir yang dikembangkan bukan sekedar kemampuan berpikir tingkat rendah (LOTS), tetapi juga kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan soal materi pythagoras untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik kelas VIII di SMPN 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (reaserch and development) dengan model pengembangan tessmer. Tujuan penelitian ini adalah (1) Menguraikan proses pengembangan soal-soal untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik; (2) Mengukur tingkat kevalidan dan tingkat keterbacaan soal-soal untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik yang telah dikembangkan; (3) Mendeskripsikan rata-rata kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara analisis kebutuhan oleh guru dan peserta didik, pengisian lembar validasi oleh guru mata pelajaran matematika, serta pengisian lembar angket oleh peserta didik. Adapun hasil penelitian yaitu: (1) proses pengembangan yang digunakan merupakan langkah-langkah pengembangan asesmen pada model pengembangan tessmer; (2) soal materi pythagoras untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi yang telah dikembangkan memiliki tingkat kevalidan sangat valid dan tingkat keterbacaan baik; (3) rata-rata kemampuan berpikir tingkat tinggi yang didapatkan oleh peserta didik adalah 37,125