Pengembangan Modul Ajar pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel yang Memenuhi Kriteria Validitas dan Ditinjau dari Kemampuan Problem Solving dan Disposisi
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan problem solving (pemecahan masalah) dan disposisi matematis pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui: (1) proses pengembangan modul ajar materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel yang memenuhi kriteria validitas dan ditinjau dari kemampuan problem solving dan disposisi matematis, dan (2) kevalidan modul ajar. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII G SMPN 6 Yogyakarta yang berjumlah 32 anak. Penelitian ini menggunakan model penelitian ADDIE. Langkah atau tahap dalam model ADDIE ini antara lain: (1) Analysis, (2) Desaign, (3) Development, (4) Implementation, dan (5) Evaluation. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa observasi, wawancara tidak terstruktur, dan validasi. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah modul ajar cetak yang dikembangkan dan telah memenuhi kriteria validitas. Modul ajar yang dihasilkan penulis sebelum dikembangkan sudah dilakukan ujicoba dengan 2 para ahli (ahli media dan ahli materi) dengan mendapatkan skor validasi media sebesar 76,33% (layak) dan skor validasi materi sebesar 76,5% (layak). Rata-rata dari kedua validasi media dan materi mendapatkan hasil sebesar 76,42% yang menduduki kriteria layak digunakan dan dapat di implementasikan kepada peserta didik sesuai dengan tujuan pembelajaran karena modul ajar sudah dikembangkan