Analisis Kesulitan Peserta Didik Dalam Belajar Matematika Menghitung Perkalian dengan Menggunakan Alat Bantu Jarimatika
Abstract
Pemerintah membuat program yaitu kampus mengajar untuk membantu membangkitkan pendidikan di Indonesia Program ini merupakan fasilitas pengajaran yang bagian dari rancangan Merdeka Belajar– Kampus Merdeka (MBKM) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Sekolah sasaran program dari Kampus Mengajar adalah SD Negeri 2 Birit. Penulis menggunakan alat peraga jarimatika dalam membantu kesulitan yang dialami peserta didik SD Negeri 2 Birit dalam mempelajari matematika terkhusus berhitung perkalian. Kesulitan yang dialami oleh peserta didik yaitu menghitung perkalian bersusun dan nilai tempat. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perkembangan dari menggunakan jarimatika pada pembelajaran matematika untuk menghitung operasi perkalian bersusun kepada peserta didik yang ada di kelas IV di SD Negeri 2 Birit. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, sehingga data yang diperoleh penulis akan dideskripsikan secara terperinci sesuai dengan kondisi yang terjadi dilapangan. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pembelajaran dengan menggunakan alat peraga jarimatika kemampuan peserta didik dalam berhitung perkalian menjadi berkembang. Perkembangan peserta didik ditunjukkan dengan memahami perkalian bersusun dan penempatannya