Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Materi Statistika Kelas VIII Menggunakan Model ADDIE

  • Ema Lukitasari Universitas Sanata Dharma
  • Vincentia Ayu Zenia Widya Risanti Universitas Sanata Dharma
Keywords: ADDIE, LKPD, Pengembangan, Statistika

Abstract

Pembelajaran berdiferensiasi adalah usaha untuk menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis pembelajaran berdiferensiasi. Secara khusus, penelitian ini ingin mengembangkan sebuah LKPD untuk materi statistika penyajian data dan penyebaran data. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang sudah dimodifikasi menjadi tiga tahap yaitu Analysis (Analisis), Design (Rancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan tes diagnostik kepada peserta didik dan validasi LKPD. Teknik analisis data dengan menggunakan penghitungan menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah pengembangan LKPD dalam pembelajaran berdiferensiasi pada materi statistika kelas VIII ini dinyatakan sangat baik dan dapat digunakan dalam pembelajaran di sekolah

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-02-05