Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik dengan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Materi Bentuk Aljabar
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki oleh peserta didik. Hal ini dikarenakan dalam proses pembelajaran maupun dalam penyelesaian masalah peserta didik dimungkinkan untuk memperoleh pengalaman menggunakan pengetahuan dan keterampilan yang sudah dipelajari untuk diterapkan pada pemecahan masalah yang tidak rutin. Pengalaman ini tentu akan melatih kemampuan berpikir kritis peserta didik juga yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan. Bentuk aljabar merupakan salah satu materi matematika yang memerlukan kemampuan pemecahan masalah matematis tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dalam pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi bentuk aljabar. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang menggunakan model ADDIE. Model ADDIE meliputi tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian dilakukan dibatasi sampai tahap development dan diakhiri dengan validasi ahli terhadap LKPD yang dikembangkan. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi bentuk aljabar