STRATEGI KOMUNIKASI KOMISI PEMILIHAN UMUM (KPU) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI PEMILIH PEMULA PADA PEMILIHAN KEPALA DAERAH 2020

Main Article Content

Qorina Lois Fadilla
Erfina Nurussa'adah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi yang dilakukan KPU Yogyakarta dalam
meningkatkan partisipasi pemilih pemula pada Pilkada 2020. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan melakukan wawancara dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Penulis menggunakan teori strategi komunikasi milik Harold Lasswell yang terdiri dari komunikator, pesan, media, komunikan.Dari hasil penerapan strategi komunikasi KPU Yogyakarta berhasil meningkatkan partisipasi pemilih pemula pada Pilkada 2020 sebanyak 7,28% dibanding Pilkada sebelumnya yang hanya 5,95% dalam bentuk sosialisasi pendidikan pemilih dengan mengoptimalkan beberapa pertemuan secara virtual, tatap muka terbatas dan penggunaan teknologi sosial media.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles