PENGARUH IKLAN LEMONILO DI TELEVISI RCTI, KEADAAN EKONOMI DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MIE INSTAN ALAMI DI KALANGAN MASYARAKAT RT 09 RW 029 MUSTIKA JAYA BEKASI

Main Article Content

Safira Salsabil
Ari Sulistyanto
Moh. Rifaldi Akbar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan (1) Apakah iklan Lemonilo di
televisi RCTI berpengaruh terhadap keputusan pembelian? (2) Apakah keadaan ekonomi
mempengaruhi hubungan antara iklan di televisi RCTI terhadap keputusan pembelian (3) Apakah
lingkungan sosial mempengaruhi hubungan antara iklan di televisi RCTI terhadap keputusan?
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teori AIDA (Attention, Interest, Desire, Action). Dalam
penelitian ini peneliti menggunakan metode kuantitatif paradigma positivistik. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan penyebaran kuesioner kepada masyarakat
RT 09 RW 029 Mustika Jaya Bekasi. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 71 responden
dengan rumus slovin sebesar 10%. Peneliti menggunakan teknik pengambilan sampel dengan
nonprobability sampling yakni sampling purposive. Peneliti menggunakan skala likert sebagai alat
ukur jenjang pendapat responden. Penelitian ini menggunakan 29 butir pernyataan, yakni 8
pernyataan untuk Variabel X (Iklan di Televisi), 8 pernyataan untuk Variabel Z1 (Keadaan
Ekonomi), 8 pernyataan untuk Variabel Z2 (Lingkungan Sosial) dan 5 pernyataan untuk Variabel
Y (Keputusan Pembelian) dan semua butir pernyataan yang digunakan valid. Hasil dari penelitian
menunjukkan bahwa (1) iklan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, (2) iklan
berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian melalui variabel keadaan ekonomi dan (3)
iklan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian melalui variabel lingkungan sosial.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles