PENGEMBANGAN MODUL AJAR PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL ASSURE BERBASIS SOAL LITERASI NUMERASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI DAN DISPOSISI SISWA KELAS VII
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan modul ajar terkait materi persamaan dan pertidaksamaan satu variabel berbasis literasi numerasi untuk meningkatkan kemampuan representasi dan disposisi siswa kelas VII A. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 6 Yogyakarta dengan sampel penelitian sebanyak 32 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan mengikuti tahap-tahap ASSURE yaitu; (1) menganalisis siswa (analyze learner), (2) merumuskan standar dan tujuan (state standard and objectives), (3) memilih strategi, teknologi, media dan materi ajar (select methods, media, and materials), (4) memanfaatkan teknologi, media dan materi ajar (utilize methods, media, and materials), (5) mengajak siswa untuk berpartisipasi (requires learner participation), (6) melakukan evaluasi dan revisi (evaluate and revise). Namun, pada penelitian ini tahapan hanya berhenti di tahap memilih strategi, teknologi, media dan materi ajar (select methods, media, and materials). Teknik analisis data yang digunakan ialah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan angket. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi para guru kelas VII di Indonesia untuk mengimplementasikan pembelajaran matematika.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.