KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PADA MATERI SATUAN PANJANG MENGGUNAKAN PENDEKATAN PMR
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran pada materi pengukuran satuan panjang dengan menggunakan Pendekatan Matematika Realistik (PMR), dan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi satuan panjang dengan menggunakan pendekatan PMR metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskripsi kualitatif. Subjek penelitin adalah siswa kelas III SDI Badu sebanyak 7 orang. Penelitian dilaksanakan pada 20 april tahun 2024. Penggunaan lembar kerja, dokumentasi, dan pelaksanaan pembelajaran digunakan sebagai metode pengumpulan data, teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan vertifikasi/kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) langkah-langkah pembelajaran pada materi satuan panjang dengan menggunakan pendekatan PMR efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa dan; 2) kemampuan pemahaman konsep siswa kelas III setelah mengikuti pembelajaran dengan pendekatan PMR yaitu untuk masalah 1, semua siswa dapat mencapai indikator 1-5 kemampuan pemahaman konsep, untuk masalah 2, siswa dari 7 dapat mencapai indikator 4-5, kemampuan pemahaman konsep, dan 3 siswa mencapai indikator 1-4 kemampuan pemahaman konsep.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.