PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN LKPD MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TREFFINGER LEARNING PADA MATERI ALJABAR
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Treffinger Learning pada materi aljabar di kelas X SMA 2 Peusangan. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari beberapa tahap, yaitu analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran LKPD yang dikembangkan valid sehingga dapat membantu siswa dalam proses pembelajaran, dengan kriteria hasil ketuntasan belajar yang efektif. LKPD ini dirancang dengan mempertimbangkan karakteristik materi aljabar yang kompleks dan memanfaatkan metode Treffinger Learning. Uji coba dilakukan di kelas X.I SMA 2 Peusangan dengan melibatkan siswa sebagai subjek penelitian. Hasil validasi perangkat pembelajaran LKPD didapatkan hasil 96% untuk validasi media, 85% untuk validasi materi, dan 96% untuk validasi bahasa. Berdasarkan hasil validasi dapat disimpulkan bahwa perangkat LKPD sudah layak untuk digunakan.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.