ASIMTOT: Jurnal Kependidikan Matematika menerbitkan beberapa artikel pada Vol. 6 No. 2 dengan merepresentasikan keberagaman pendekatan dalam studi pembelajaran matematika, mulai dari integrasi nilai-nilai budaya lokal melalui etnomatematika seperti dalam proses pembuatan Soami di Dusun Ani dan Tumbu Reyeng di Desa Payaman, hingga pendekatan pedagogis dan evaluatif terhadap kesalahan serta pemberian scaffolding dalam pembuktian matematika tingkat lanjut. Penelitian lainnya fokus pada pengembangan perangkat ajar inovatif seperti LKPD berbasis model Treffinger dan model pembelajaran berbasis masalah yang didukung media interaktif untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran di SMP. Selain itu, pendekatan kuantitatif juga digunakan dalam analisis pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar melalui metode Spearman Rank. Tidak kalah penting, studi juga diarahkan pada pengaruh model Discovery Learning terhadap pemahaman konsep matematika, eksplorasi kemampuan pemodelan matematika berbasis budaya lokal, serta analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita, khususnya pada materi matriks. Keseluruhan judul ini menunjukkan upaya multidimensi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika melalui inovasi, konteks lokal, dan pendekatan pedagogis yang beragam.

Published: 2025-05-31

EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA PROSES PEMBUATAN TUMBU REYENG SEBAGAI BUDAYA LOKAL DESA PAYAMAN

Nadiyah Lailatul Hidayah, Anisa Aenur Rochmah, Agus Prasetyo Kurniawan

123-135

ANALISIS KESALAHAN DAN PEMBERIAN SCAFFOLDING DALAM MENYELESAIKAN PERMASALAHAN PEMBUKTIAN PADA MATA KULIAH ANALISIS REAL

Hasan Basri, Ukhti R audhatul Jannah, Rohmah Indahwati, Anni Herawati, Asifaul Ulum

137-149

METODE SPEARMAN RANK UNTUK MENGETAHUI PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI-2 MAN 8 JOMBANG PADA MATERI TURUNAN

Aghna Khoirotul Maulidina, Dahayu Arianti, Ama Noor Fikrati, Nurwiani, Jauhara Dian Nurul Iffah

163-171