ANALISIS KEMAMPUAN PESERTA DIDIK SMA NEGERI KUANFATU DALAM PEMODELAN MATEMATIKA BERBASIS BUDAYA LOKAL PADA MATERI PROGRAM LINEAR
Main Article Content
Abstract
Metode penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif, dengan subyek pada penelitian ini adalah peserta didik SMA Negeri Kuanfatu. Adapun fokus masalah yang akan diteliti adalah memecahkan soal cerita program linear yang berbasis budaya lokal. Peneliti membagi jenis kesalahan menajdi dua bagian yakni kesalahan konseptual dan kesalahan prosedural. Hasil penelitian menunjukan faktor yang menyebabkan peserta didik melakukan kesalahan dalam memecahkan masalah program linear dengan soal cerita berbasis budaya lokal yakni; peserta didik tidak terbiasa dengan memecahkan masalah soal cerita berbasis budaya lokal sehingga kesulitan mentransformasi ke bentuk model matematika, peserta didik kurang memahami dalam menempatkan simbol-simbol matematika seperti simbol pertidaksamaan, peserta didik kurang mahir dalam membuat grafik dan masih sulit menentukan daerah penyelesaian, peserta didik kurang teliti daalam melakukan operasi hitungan pada proses pemecahan masalah, peserta didik masih kurang dalam menarik kesimpulan dan mengkaitkan kesimpulan dengan apa yang ditanyakan pada soal.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.