APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MOBILE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN BELAJAR SISWA TERHADAP GEOMETRI PADA SISWA KELAS IV SD INPRES UMABARA

Main Article Content

Aryanto Ke Lomi
Fajar Hariadi
Trisari Dewi Novyanti Bertha Mira

Abstract

Pada era modern saat ini, teknologi informasi mengalami kemajuan yang
begitu pesat, terutama di dunia teknologi mobile. Pemanfaatan teknologi
dalam pendidikan memiliki potensi untuk meningkatkan pemahaman belajar
dan keterampilan siswa. Aplikasi mobile geometri pada SD Inpres Umabara
yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman belajar siswa-siswi SD di
bidang geometri. Aplikasi mobile geometri dirancang sebagai alat
pembelajaran interaktif yang menyajikan konsep matematika secara
sistematis dan mudah dipahami. Metode pengembangan yang digunakan
dalam penelitian ini yaitu Metode Research and Development(R&D).
Berdasarkan hasil pengujian pre-test dan post-test kepada 21 siswa kelas IV
didapatkan nilai N-gain score sebesar 0,7 yang berada pada interval G≥ 0,7
setelah belajar dan menggunakan aplikasi media pembelajaran geometri.
Berdasarkan hasil pengujian tersebut maka dapat dikatakan bahwa aplikasi
pembelajaran geometri berbasis mobile yang dibangun sangat efektif
membantu siswa dalam mempelajari dan mengingat pembelajaran geometri.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Aryanto Ke Lomi, Fajar Hariadi, & Trisari Dewi Novyanti Bertha Mira. (2023). APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MOBILE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN BELAJAR SISWA TERHADAP GEOMETRI PADA SISWA KELAS IV SD INPRES UMABARA. CONTAR : Jurnal Ilmu Komputer, 1(2), 01 - 06. Retrieved from https://journal.unwira.ac.id/index.php/CONTAR/article/view/3069
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)