AN ANALYSIS OF A STUDENT’S NARRATIVE TEXT WRITING FROM A SYSTEMIC FUNCTIONAL LINGUISTICS PERSPECTIVE
Isi Artikel Utama
Abstrak
Teks naratif merupakan teks yang dirancang untuk menghibur pembaca. Dalam konteks pendidikan Indonesia, siswa kurang memiliki pemahaman umum tentang cara membuat teks naratif yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis teks naratif siswa. Partisipan penelitian adalah siswa SMA Islam swasta kelas dua di Kabupaten Semarang. Ia dipilih sebagai partisipan karena tulisannya menunjukkan bahwa ia kurang berprestasi, yang dapat menggambarkan kemampuan seluruh kelas. Analisis dokumen digunakan untuk memperoleh informasi yang memadai tentang tulisan naratif siswa yang dilihat dari SFL. Temuan penelitian menunjukkan bahwa siswa kurang memiliki tata bahasa, elipsis dalam kalimat nominal finit, gangguan L1 pada urutan kata, dan penguasaan kosakata. Oleh karena itu, untuk meminimalkan masalah yang berulang, pembelajaran berbasis masalah merupakan salah satu pendekatan terbaik untuk mengajarkan penulisan naratif. Pendekatan ini digunakan karena menyampaikan berbagai kegiatan di mana siswa termotivasi untuk menulis dan berbagi pengetahuan mereka dengan orang lain dalam pembelajaran kolaboratif. Oleh karena itu, untuk menerapkan pembelajaran berbasis masalah ke dalam proses belajar mengajar, langkah-langkah dalam mengajarkan pembelajaran berbasis masalah harus dipadukan ke dalam pendekatan berbasis genre.