SEGMENTASI POLITIK PEMILIHAN LEGISLATIF Studi Kasus Strategi Pemenangan Nining Salmawati Basalamah di Kota Kupang
Main Article Content
Abstract
Segmentasi politik merupakan salah satu bagian penting dari kajian marketing politik. Semua kontestan pasti berharap memenangkan kontestasi, meskipun dalam kenyataan tak mudah memperolehnya. Studi ini bertujuan mengungkapkan apakah segmentasi politik yang digunakan Nining Salmawati Basalamah (NSB) cukup efektif mempengaruhi perolehan suara di Dapil II Kota Kupang.
Menggunakan metode studi kasus dan teknik pengumpulan data, seperti observasi, dokumentasi dan wawancara mendalam merupakan salah satu pilihan dan cara tepat menjawab tujuan dan memecahkan masalah penelitian.
Hasil kajian menemukan bahwa penerapan segmentasi demografis, geografis, perilaku dan psikografis di daerah pemilihan terbukti cukup efektif mempengaruhi mayoritas pemilih kristen dalam memberikan dukungan kepada NSB meskipun berasal dari kalangan muslim minoritas.
Penerapan segmentasi politik, sikap populis dan peduli terhadap kepentingan masyarakat merupakan hal yang amat penting bagi para calon legislatif bila ingin mendapatkan dukungan suara mayoritas dari pemilih