Effect of linear seating arrangements on students seating preferences density in the classroom
Isi Artikel Utama
Abstrak
Pengaturan layout tempat duduk dalam sebuah ruang kuliah merupakan salah satu metode manajemen ruang kelas. Pada umumnya ruang kuliah di perguruan tinggi Indonesia menerapkan layout tempat duduk linear dengan orientasi ke area depan ruang kelas tersebut. Observasi dilakukan terhadap dua ruang kuliah dan 70 orang mahasiswa Program Studi Desain Interior, FSRD-ITB. Data hasil observasi dianalisa menggunakan software Petrel untuk menghasilkan data berupa gambar penyebaran kepadatan dalam ruang kuliah. Hasil analisa dari data observasi menunjukkan bahwa pada layout tempat duduk linear yang biasa diterapkan pada ruang kuliah, kepadatan tinggi posisi duduk mahasiswa terjadi pada area belakang ruang kuliah atau yang paling jauh jaraknya dari sumber materi. Hal ini diketahui berpotensi menciptakan suasana kelas yang tidak kondusif untuk perkuliahan.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Rincian Artikel
Referensi
Cinar, Ikram. (2010). Classroom Geography: Who Sit Where in The Traditional Classroom. The Journal of International Social Research.
McCorskey, J.C. & McVetta, R.D. (1978). Classroom Seating Arrangements: Instructional Communication Theory versus Student Preferences.
Syarief, Achmad. (2012). DS 6204 Metode Penelitian Desain. Penerbit ITB, Bandung.
Kim, J. J., Wineman, J. (2005). Are windows and views really better/A quantitative Analysis of the Economis and Psychological Value of Views, Renssealer Polytechnic Institute, Lighting Research Center. Daylight Dividend Program, New York.