Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik SMA Di Bantul Pada Materi Fluida Statis Dan Upaya Peningkatannya Melalui Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinesthetic
Abstract
As a science that studies natural phenomena, physics learning requires students' concept understanding ability. However, in reality the ability to understand the concept of students is still low. This study aims to determine the level of understanding of physics concepts of students on static fluid material. Descriptive method with survey studies research form was used in this research. This study involved 31 students of class XI SMA N 1 Kretek as the research sample. The results showed that the understanding of physics concepts of students in class XI SMA N 1 Kretek in the 2022/2023 school year on static fluid material was in the poor category with an average value of 47.7. The development of learning media such as interactive multimedia based on the Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK) learning model equipped with experimental learning methods can be an alternative to improve the ability to understand the physics concepts of students.
Downloads
References
Abdi, Mahirah Ulfah, Mustafa Mustafa, dan Andi Ulfa Tenri. (2021). Penerapan Pendekatan STEM Berbasis Simulasi PhET Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 5(3), 209–18. doi: 10.24815/jipi.v5i3.21774.
Afifah, Rachma. (2019). Analisis Profil Proses Kognitif Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2), 170. doi: 10.24127/jpf.v7i2.1738.
Ananda, Rusydi, dan Muhammad Fadhli. (2018). Statistik Pendidikan (Teori dan Praktik dalam Pendidikan). Medan: Widya Puspita.
Andromeda, Iryani, Ellizar, Yerimadesi, dan W. P. Sevira. (2019). Effectiveness of Chemical Equilibrium Module Based Guided Inquiry Integrated Experiments On Science Process Skills High School Students. Journal of Physics: Conference Series 1185:012152. doi: 10.1088/1742-6596/1185/1/012152.
Antika, Ayu Rindi, Anggara Budi Susila, dan Agus Setyo Budi. (2023). Pengembangan Aplikasi E-Modul Magnitis Berbasis Android Berbantuan Software SAC.
Ardani, Risca, dan Nadi Suprapto. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Berbasis Eksperimen Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Fluida Statis di SMA Negeri 1 Gedangan. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 3(2), 167–73. doi: https://doi.org/10.26740/ipf.v3n2.p%25p.
Arieska, Permadina Kanah, dan Novera Herdiani. (2018). Pemilihan Teknik Sampling Berdasarkan Perhitungan Efisiensi Relatif. Statistika, 6(2), 166–71. doi: https://doi.org/10.26714/jsunimus.6.2.2018.%25p.
Arifin, Bahak Udin By, dan Nurdyansyah. (2018). Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Jawa Timur: UMSIDA Press.
Arifuddin, Arifuddin, Sutrio Sutrio, dan Muhammad Taufik. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Kontekstual Berbasis Hands On Activity Dalam Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2c), 894–900. doi: 10.29303/jipp.v7i2c.631.
Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Aulia, Annisatul, dan Andromeda Andromeda. (2019). Pengembangan e-Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Multirepresentasi Dan Virtual Laboratory Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Nonelektrolit Untuk Kelas X SMA/MA. Edukimia, 1(1), 94–102. doi: 10.24036/ekj.v1.i1.a34.
Budiyanto, Agus Krisno. (2016). SINTAKS 45 Model Pembelajaran dalam Student Centered Learning (SCL). Malang: Universitas Muhammadiyah Malang Press.
Churchill, Daniel. (2017). Digital Resources for Learning. 1st ed. 2017. Singapore: Springer Singapore : Imprint: Springer.
Dewi, Suci Zakiah, dan Tatang Ibrahim. (2019). Pentingnya Pemahaman Konsep Untuk Mengatasi Miskonsepsi Dalam Materi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 13(1), 130–36.
Docktor, Jennifer L., dan José P. Mestre. (2014). Synthesis of Discipline-Based Education Research in Physics. Physical Review Special Topics-Physics Education Research, 10(2), 020119. doi: 10.1103/PhysRevSTPER.10.020119.
Hajratun, Sri, Susilawati Susilawati, dan Syahrial Ayub. (2022). Validitas Perangkat Pembelajaran Hukum Newton Menggunakan Model Concept Attainment Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2b), 480–85. doi: 10.29303/jipp.v7i2b.485.
Hariyani, Nunik, dan Veny Ari Sejati. (2019). Pengembangan Rumah Baca Di Pedesaan Dengan Fleming Model (VAK). Jurnal Sosial : Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 20(2), 85–90. doi: 10.33319/sos.v20i2.45.
Imansari, Nurulita, dan Ina Sunaryantiningsih. (2017). Pengaruh Penggunaan E-Modul Interaktif Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Materi Kesehatan Dan Keselamatan Kerja. VOLT : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 11. doi: 10.30870/volt.v2i1.1478.
Khasanah, Eka Kristanti Nur, Fatimatul Munawaroh, Nur Qomaria, dan Laila Khamsatul Muharrami. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Visual Auditory Kinestetic (VAK) terhadap Pemahaman Konsep Siswa. Natural Science Education Research, 2(2), 105–12. doi: 10.21107/nser.v2i2.6237.
Liza, Syaemar. (2021). Upaya Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XII.IPA.3 SMAN 3 Muaro Jambi Melalui Media Pembelajaran Animasi 3 Dimensi Tahun Pelajaran 2018/2019. SCIENCE : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA, 1(2), 170–76. doi: 10.51878/science.v1i2.522.
Loliyana, Nilan, Geraldius Maria Sukamto, dan Endang Sri Andayani. (2019). Pengaruh Model Outdoor Learning terhadap Pemahaman Sejarah Mahasiswa Pendidikan Sejarah. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(6), 803. doi: 10.17977/jptpp.v4i6.12536.
Maulidina, Sundus, dan Yoga Budi Bhakti. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Online Dalam Pemahaman Dan Minat Belajar Siswa Pada Konsep Pelajaran Fisika. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(2), 248. doi: 10.31764/orbita.v6i2.2592.
Pilendia, Dwitri. (2020). Pemanfaatan Adobe Flash Sebagai Dasar Pengembangan Bahan Ajar Fisika : Studi Literatur. Jurnal Tunas Pendidikan, 2(2), 1–10. doi: 10.52060/pgsd.v2i2.255.
Pratama, Viki, Sonia Fitri Anggraini, Hilman Yusri, dan Fatni Mufit. (2021). Disain dan Validitas E-Modul Interaktif Berbasis Konflik Kognitif Untuk Remediasi Miskonsepsi Siswa Pada Konsep Gaya. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 5(1), 68–76. doi: 10.24036/jep/vol5-iss1/525.
Radiusman, Radiusman. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Anak Pada Pembelajaran Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 6(1), 1. doi: 10.24853/fbc.6.1.1-8.
Ramdan, Muhammad. (2021). Metode Penelitian. Surabaya: Cipta Media Nusantara.
Riani, Lisa, Misdalina Misdalina, dan Sugiarti Sugiarti. (2021). Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa Menggunakan Inkuiri Terbimbing Berbantuan Edmodo. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(1), 17. doi: 10.31851/luminous.v2i1.5237.
Riwanto, Dedi, Aisyah Azis, dan Kaharuddin Arafah. (2019). Analisis Pemahaman Konsep Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Fisika Kelas X MIA SMA Negeri 3 Soppeng. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF), 15(2), 23–31.
Rukmana, Winda, Nyoto Hardjono, dan Arlita Aryana O. (2018). Peningkatan aktivitas Dan Hasil Belajar Dengan Model Pembelajaran VAK Berbantuan Media Tongkat Tokoh. International Journal of Elementary Education, 2(3), 156. doi: 10.23887/ijee.v2i3.15954.
Sari, Nurmalita, Widha Sunarno, dan Sarwanto Sarwanto. (2018). Analisis Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Fisika Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 3(1), 17–32. doi: 10.24832/jpnk.v3i1.591.
Shidik, Muhammad Amran. (2020). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik MAN Baraka. Jurnal Kumparan Fisika, 3(2), 91–98. doi: 10.33369/jkf.3.2.91-98.
Shinta, Ni Made, Siti Suratini Zain, dan Elvandri Yogi Pratama. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika STKIP PGRI Bandar Lampung, 3(2), 1–11.
Copyright (c) 2023 Putri Rose Amanda Puri -, Riki Perdana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.