DINAMIKA POLITIK DESA Studi tentang Relasi Kuasa Elit Desa dan Politik Pilkades di Kecamatan Witihama Kabupaten Flores Timur.

Main Article Content

Frans Bapa Tokan
Ubanus Ola

Abstract

 


Abstrak


         Dinamika politik desa yang terwujud dalam pilkades dan berbagai bentuk kekuasaan di desa, telah melahirkan  relasi kuasa otoritarian dalam tata kelola pemerintahan dan pembangunan desa.          


        Mengelola demokrasi desa “checks and balances” antara BPD sebagai mitra setara Kepala Desa setidaknya makin jauh dari harapan, karena fungsi BPD terdegradasi dan absennya kontrol  warga.  Rapuhnya institusi  BPD telah memberikan ruang kekuasaan dominan  bagi elit tradisional Atakebele  dan melalui kepala desa nyaris semua proses kebijakan desa tak lepas dari kontrolnya.


           Sistem rekrutmen anggota BPD yang lepas dari konflik kepentingan serta pentingnya mempertimbangkan keterwakilan wilayah,  nilai ketokohan, komitmen kerja, usia, gender dan kompetensi calon, menjadi hal yang urgen.  Selain itu upaya  penguatan kapasitas individu dan organisasi BPD dan forum warga merupakan sebuah keniscayaan  guna mewujudkan proses pilkades yang demokratis, bebas dan netral dari pengaruh kelompok kepentingan.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles