Metode studio oriented learning environment untuk meningkatkan kualitas belajar mahasiswa dalam studio perancangan interior
Isi Artikel Utama
Abstrak
Kompleksitas aktivitas dan elemen interior pada studio merancang akhir membuat studio ini sangat penting untuk menerapkan metode yang tepat agar semua tahapan dalam perancangan dapat berproses dengan runut dan sistematis, dan agar proses itu dapat dilihat kaitannya satu sama lain. Selama ini metode yang diterapkan belum sepenuhnya menggali proses metode perancangan yang medalam dan sesuai dengan proyek perancangan yang dapat memenuhi kebutuhan penggunanya. Tujuan Penelitian ini adalah menemukan metode yang tepat dalam proses pengajaran di studio Merancang Interior, agar kompleksitas pada setiap studio perancangan dapat diantisipasi oleh mahasiswa dan mendapat tanggapan yang lebih baik oleh dosen pengajar. Pada penelitian ini akan dilakukan dengan siklus penelitian Model Kemmis dan Mc Taggart, Model PTK yang dikemukakan oleh Kemmis dan Mc Taggart merupakan model suatu siklus terdiri atas empat komponen, keempat komponen tersebut, meliputi: perencanaan, aksi/tindakan, observasi, dan refleksi. Sesudah suatu siklus selesai di implementasikan, khususnya sesudah adanya refleksi, kemudian diikuti dengan adanya perencanaan ulang yang dilaksanakan dalam bentuk siklus tersendiri. Pembelajaran dengan Metode yang diterapkan secara mandiri pada lingkungan belajar yang kondusif berdasarkan pada metode Studio Oriented Learning Environment (SOLE), ini dengan penilaian yang dilakukan oleh mahasiswa dan dosen pengajar. Manfaat hasil penelitian dapat meningkatkan kemampuan berpikir secara runut dan sistematis, serta meningkatkan partisipasi dan kerjasama antar mahasiswa dalam menghasilkan desain yang berkualitas.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Rincian Artikel
Referensi
Ching, Francis D. K. 2007. Architecture: Form, Space, and Order. 3rd ed. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.
Chressetianto, Ayhwien. 2013. ‘Pengaruh Aksesoris Dan Elemen Pembentuk Ruang Terhadap Suasana Dan Karakter Interior Lobi Hotel Artotel Surabaya’. Jurnal Intra 1 (1): 1–7. https://media.neliti.com/media/publications/103420-ID-pengaruh-aksesoris-dan-elemen-pembentuk.pdf.
Dewi, Savitri Kartika, Elvina Kurniawati Haryanto, and Sherly De Yong. 2018. ‘Identifikasi Penerapan Design Thinking Dalam Pembelajaran Perancangan Desain Interior Kantor’. In Konvergensi Keilmuan Seni Rupa Dan Desain Era 4.0, 33–38. Surabaya: FBS Unesa. https://media.neliti.com/media/publications/266504-identifikasi-penerapan-design-thinking-d-e8189f93.pdf.
Irsyadi, Nur. 1985. Proses Perancangan Yang Sistematis Laporan Seminar Tata Lingkungan Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Jakarta: Djambatan.
Komariah, Aan. 2018. ‘Seminar Penelitian Tindakan Kelas’. Bandung.
Sudradjat, Iwan. 2020. ‘Theory in Architectural Research’. ARTEKS : Jurnal Teknik Arsitektur 5 (1): i–vi. https://doi.org/10.30822/arteks.v5i1.378.
Sukada, Nabila, and Purnama Salura. 2020. ‘Basic Architectural Expression of a Cultural Center, Study Object: Volkstheater Sobokartti in Semarang, Indonesia’. ARTEKS : Jurnal Teknik Arsitektur 5 (1): 11–20. https://doi.org/10.30822/arteks.v5i1.76.
Sutedjo, Christian, and Hedy Constancia Indrani. 2014. ‘Perancangan Interior Studio Program Studi Desain Interior Gedung P2 Universitas Kristen Petra Di Surabaya’. Jurnal Intra 2 (2): 414–20. https://media.neliti.com/media/publications/90440-ID-perancangan-interior-studio-program-stud.pdf.
Wardani, Laksmi Kusuma. 2003. ‘Berpikir Kritis Kreatif (Sebuah Model Pendidikan Di Bidang Desain Interior)’. Dimensi Interior 1 (2): 97–111. https://media.neliti.com/media/publications/217807-berpikir-kritis-kreatif-sebuah-model-pen.pdf.
Zairul, Mohd. 2018a. ‘Emphasising Paragogy and Cybergogy in the Architectural Studio through the S.O.L.E Approach: A Formulation of a New Theory of Studiogogy’. In Trends & Issues in Higher Education, 35–44. Selangor: Centre for Academic Development (CADe) Canselori Putra Building Universiti Putra Malaysia 43400 UPM Serdang.
———. 2018b. ‘Introducing Studio Oriented Learning Environment (SOLE) in UPM Serdang: Accessing Student-Centered Learning (SCL) In the Architectural Studio’. International Journal of Architectural Research: ArchNet-IJAR 12 (1): 241–50.