Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Kelas XI IPA 2

  • Handra Yandri Koy SMA Negeri 1 Takari, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur
  • Getrudis Wilhelmina Nau Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • Oktofina Kofemnuke Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
Keywords: The aim of this research is that through the application of the discovery learning model it is hoped that it can increase the learning motivation of class XI IPA 2 students at SMA Negeri 1 Takari. This research is classroom action research, which consists of four components in each cycle, namely planning, action, observation and reflection. The subjects in this research were 20 students in class XI IPA2 of SMA Negeri 1 Takari. The data analysis technique used is qualitative descriptive analysis and quantitative descriptive analysis. The results of the research show that the discovery learning model can increase students' learning motivation, this can be seen from the measurement of student learning outcomes where in cycle I the presentation of learning completeness only reached 85% with high completeness criteria while in cycle II it increased to 95% with very high completeness criteria. tall. From the analysis data, it is concluded that the discovery learning model can increase students' learning motivation in biology subjects.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah melalui penerapan model discovery learning diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar  peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1Takari. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research), yang terdiri dari empat komponen dalam setiap siklusnya yaitu perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observasi), dan refleksi (refleck). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA2  SMA Negeri 1 Takari yang berjumlah 20 orang. teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model discovery learning dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik, hal ini terlihat dari pengukuran hasil belajar peserta didik dimana pada siklus I presentasi ketuntasan belajar hanya mencapai 85% dengan kriteria ketuntasan tinggi sementara pada siklus II meningkat menjadi 95% dengan kriteria ketuntasan sangat tinggi. Dari data hasil analisis menyimpulkan bahwa model discovery learning dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdjul, D. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Buntulia. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 343-348.

Adyan, F. B., Purwanto, A., & Nirwana, N. (2019). Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Model Discovery Learning Berbantuan Virtual Laboratory. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3), 153–160. https://doi.org/10.33369/jkf.2.3.153-160

Agusriyalni, Z., Idrus, I., & Yennita, Y. (2021). Penerapan model discovery learning pada materi sistem koordinasi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 5(1), 31-39.

Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Hotang, L. B. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI IPA 3 SMA N 6 Pekanbaru Semester Genap. Physics Education Research Journal, 1(1), 56–68.

Lestari, D. (2022). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik (Studi PTK pada Pelajaran Matematika Materi Lingkaran). Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 3372–3381.
Pradnyani, N. K. Y., & Putu, J. I. D. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Meningkatkan Motivasi Belajar Biologi Siswa Materi Sistem Respirasi Kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 11 Denpasar Tahun Pelajaran 2022/2023. Emasains: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 12(2), 1-16.

Siak, M. E. (2023). Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Pelajaran Biologi Melalui Penerapan Model Discovery Learning Kelas XII IPA 1 SMA Negeri 1 Kupang Tengah. JBIOEDRA: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(2), 112-119.

Utomo, M. (2016). Penerapan Metode Discovery Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Mata Pelajaran Biologi Materi Jamur di SMA Negeri 3 Simpang Hilir Kabupaten Kayong Utara Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 7(3).
Published
2024-03-03
How to Cite
[1]
H. Y. Koy, G. W. Nau, and O. Kofemnuke, “Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Kelas XI IPA 2”, JBIOEDRA, vol. 2, no. 1, pp. 313-318, Mar. 2024.